Mengerikan! Pasukan Elite Brazil Usir Mafia Pertambangan di Yanomami

- 28 Februari 2023, 21:13 WIB
Pasukan khusus diturunkan pemerintah Brazil untuk melakukan misi pengusiran para penambang ilegal yang hancurkan wilayah Yanomami.
Pasukan khusus diturunkan pemerintah Brazil untuk melakukan misi pengusiran para penambang ilegal yang hancurkan wilayah Yanomami. /The Guardian

RINGTIMES BALI - Pasukan khusus atau tentara elite Brazil menggrebek mafia pertambangan kasiterit ilegal di dekat Desa Yanomami, Selasa 28 Februari 2023.

Dilansir dari laman The Guardian, sebuah pasukan khusus diturunkan pemerintah Brazil untuk melakukan misi pengusiran para penambang ilegal yang menghancurkan wilayah Yanomami selama masa kepresidenan Bolsonaro. 

"Dalam empat tahun terakhir hutan hujan di Brazil tidak seperti sebelumnya," kata Felipe Finger saat dia bersiap untuk menjelajah ke hutan dengan senapan serbunya untuk menahan pembantaian lingkungan yang ditimbulkan di Amazon di bawah mantan presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Baca Juga: Alasan Keamanan, Kanada Larang Aplikasi TikTok dari Perangkat Pemerintahan

Pasukan khusus tersebut melakukan pantauan udara menggunakan sebuah helikopter bermesin tunggal, melewati kanopi hutan yang menuju garis depan perang ganas terhadap alam.

Dalam pantauan tentara Brazil dinyatakan ada sekiranya puluhan ribu penambang ilegal menghancurkan wilayah itu selama masa kepresidenan Bolsonaro yang penuh bencana lingkungan dari tahun 2019-2023.

Membajak desa-desa adat, mengusir petugas kesehatan, meracuni sungai dengan merkuri, dan mendorong apa yang oleh penerus kirinya, Luiz Inácio Lula da Silva. 

Beberapa penambang ilegal bergegas masuk ke dalam hutan dan ke sumur menghindari upaya penangkapan melihat patroli pasukan elite khusus Brazil. 

Baca Juga: Mulai 1 Maret 2023, Hong Kong Cabut Aturan Wajib Gunakan Masker

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x