Taiwan Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan dengan Amerika Serikat, Siap Hadapi Serangan China

- 21 Februari 2023, 22:01 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yakin pertahanan Taiwan semakin solid dengan kerja sama erat Amerika Serikat.
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yakin pertahanan Taiwan semakin solid dengan kerja sama erat Amerika Serikat. /Ringtimes Bali/Abdul Munim/Reuters / I-Hwa Cheng

RINGTIMES BALI - Hubungan Taiwan dengan Amerika Serikat semakin dekat, dengan kerjasama pertahanan dan keamanan antar 2 negara. Antisipasi serangan mendadak China di sekitar laut Taiwan. 

Seluruh sektor pertahanan Taiwan, direformasi dan upgrade ke titik maksimal. Kerja sama dengan Amerika Serikat bisa memenuhi reformasi sektor ini. 

Terutama sektor pertahanan laut, udara, darat. Semua kemungkinan dipertimbangkan dan departemen pertahanan Taiwan sering berdiskusi dengan pihak Amerika Serikat. 

Joe Biden menyampaikan dukungan sebagai negara sahabat Taiwan. Biden turut menyatakan kesiapan untuk menyiapkan anggaran pertahanan dan bantuan persenjataan terbaru bagi Taiwan.

Baca Juga: Biden Ketemu Zelensky di Ukraina dan Putin Pidato Kenegaraan di Majelis Rakyat Rusia

Pesan-pesan ini disampaikan Nancy Pelocy, Mantan Ketua DPR AS, pada kunjungan kontroversial ke Taiwan Agustus 2022.

Kunjungan mendadak Nancy Pelocy ini tentu memantik amarah China. Permintaan China ke Amerika Serikat untuk mematuhi kebijakan Satu Negara Dua Sistem dalam susunan satu negara China, dilangkahi Amerika secara sepihak.

Sempat tersiar kabar bahwa China akan menembak pesawat Nancy Pelocy karena tindakan melanggar kedaulatan China, namun kunjungan ini berjalan lancar dan ketegangan berpindah ke Selat Taiwan. 

Puluhan kapal China sontak melaksanakan latihan militer mengelilingi Taiwan. Latihan militer dengan melibatkan kapal perang ini terbesar yang pernah diselenggarakan. Seluruh Taiwan dikepung.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x