Akibat Cuaca Buruk BMKG Beri Peringatan Gelombang Tinggi 4 Meter

- 17 Februari 2023, 14:59 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi 2,5 Sampai 4 Meter ancam wilayah Indonesia
Ilustrasi gelombang tinggi 2,5 Sampai 4 Meter ancam wilayah Indonesia /instagram/@imam_bhr

RINGTIMES BALI - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan di Indonesia pada 17-18 Februari 2023. 

Kepala Pusat Meteorologi Kelautan BMKG, Eko Prasetyo, mengimbau masyarakat yang tinggal dan bekerja di wilayah pesisir yang beresiko gelombang tinggi untuk tetap waspada. 

Menurut BMKG, dilansir dari Instagram @infobmkg pola angin di wilayah Indonesia menyebabkan potensi gelombang tinggi.

Pola angin di Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot. 

Baca Juga: Info Banjir Solo: Brimob Polda Jateng Evakuasi Warga Dengan Perahu Karet

Sedangkan di Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot. 

Daerah yang rawan gelombang setinggi 2,5-4 meter antara lain Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Sumbawa, perairan selatan Banten-Sumbawa. 

Selat Bali-Lombok-Alas, perairan selatan Pulau Sumba, perairan selatan Banten-NTT di Samudera Hindia, perairan utara Anambas-Kepulauan Natuna, perairan sekitar Kepulauan Sangihe, Laut Maluku bagian utara, perairan sekitar Halmahera, dan Laut Halmahera. 

Penting bagi orang yang tinggal dan bekerja di area ini untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan mereka selama periode gelombang tinggi ini. 

Baca Juga: 5 Hal yang Meringankan Vonis Bharada E dalam Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x