BMKG: Prediksi Cuaca Hujan Sedang - Lebat di Jabodetabek Hingga Akhir Februari

- 13 Februari 2023, 18:37 WIB
BMKG memprediksi cuaca Jabodetabek hujan lebat pada 19 Februari hingga 24 Februari.
BMKG memprediksi cuaca Jabodetabek hujan lebat pada 19 Februari hingga 24 Februari. /Abdul munim/

RINGTIMES BALI - BMKG merilis laporan mengenai perkembangan cuaca di Jabodetabek, pada tanggal 15 Februari hingga 25 Februari. Prediksi mengenai Potensi Resiko Hujan sedang-lebat akan turun selama rentang pagi hingga malam. 

Analasis atmosfer

Kondisi terkini pada Januari hingga Februari, wilayah Jabodetabek beralih ke periode puncak musim hujan.  Potensi hujan intensitas sedang-lebat diprediksikan masih dapat terjadi hingga akhir Februari mendatang.

Saat ini ada tambahan faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu terjadinya peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan kedepan, yakni:

Baca Juga: Mahfud MD Tanggapi Vonis Ferdy Sambo: Sesuai dengan Rasa Keadilan Publik!

Aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator, MJO (Madden Jullian Oscillation) yang diprediksikan ada kemungkinan aktif di sekitar Samudra Hindia barat Sumatra dalam periode akhir Januari.

Kemudian muncul pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat.

Potensi risiko cuaca Jabodetabek

Untuk sepekan kedepan (15-25 Februari 2023), Risiko hujan intensitas SEDANG-LEBAT di wilayah Jabodetabek terutama pada kisaran periode siang-sore hari masih harus diwaspadai sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x