Antisipasi Penyeludupan Narkotika, Kemenkumham Jateng Larang Lato-lato Masuk Lapas dan Rutan

- 4 Februari 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi - Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti saat bermain lato-lato bersama anak-anak usai reses di RW 12 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24-1-2023). ANTARA/HO-DPRD Kota Surabaya
Ilustrasi - Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti saat bermain lato-lato bersama anak-anak usai reses di RW 12 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24-1-2023). ANTARA/HO-DPRD Kota Surabaya /

RINGTIMES BALI - Untuk mengantisipasi penyeludupan narkotika dalam lato-lato, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah (Kemenkumham Jateng) melarang mainan tersebut masuk ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jateng Supriyanto di Semarang Jumat kemarin terkait larangan mainan masuk ke dalam Lapas dan Rumah Tahanan untuk antisipasi penyelundupan.

"Sebagai upaya deteksi dini, tidak boleh masuk ke lapas atau rutan karena rawan untuk menyeludupkan narkotika" kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Tengah Supriyanto, dikutip dari laman Antaranews, Sabtu, 4 Januari 2023.

 

Alasan Larangan Mainan Masuk Lapas dan Rutan

Ilustrasi mainan lato lato.
Ilustrasi mainan lato lato. YouTube.com/MrJoeGooch

Supriyanto menyebut tekstur padat lato-lato yang berbahan baku plastik itu rawan dimanupulasi untuk diselipi narkotika.

Baca Juga: Mendag Zulhas Kunjungi Pasar Kreneng Denpasar: Walikota Tanggap, Harganya Stabil

Tidak hanya demikian, dalam pelarangan lain, hal ini menimbang pada asas kemanfaatan bagi warga binaan.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x