Sasar Pemilih Pemula Tekan Angka Golput, Pemkot Denpasar Bersama KPU dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Pendidikan

- 3 Februari 2023, 11:00 WIB
Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Tatap Muka Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 kepada Pemilih Pemula Teruna Teruni Se-Kota Denpasar di wilayah Kecamatan Denpasar Barat yang dibuka Sekretaris Camat Denpasar Barat, I Putu Eka Pertama di Kantor Camat Denpasar Barat, Kamis (2/2).
Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Tatap Muka Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 kepada Pemilih Pemula Teruna Teruni Se-Kota Denpasar di wilayah Kecamatan Denpasar Barat yang dibuka Sekretaris Camat Denpasar Barat, I Putu Eka Pertama di Kantor Camat Denpasar Barat, Kamis (2/2). /Dok. Humas Denpasar
 
RINGTIMES BALI - Pemkot Denpasar melalui Kesbangpol Kota Denpasar bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Denpasar melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Tatap Muka Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 kepada Pemilih Pemula, Teruna Teruni Se-Kota Denpasar.
 
Kegiatan yang menyasar pemilih pemula di wilayah Kecamatan Denpasar Barat ini dibuka Sekretaris Camat Denpasar Barat, I Putu Eka Pertama di Kantor Camat Denpasar Barat, Kamis (2/2).
 
Adapun Narasumber kegiatan ini dari berbagai kalangan. Yakni Analis Politik Dalam Negeri pada Badan Kesbangpol Kota Denpasar, Putu Adhismara Kirana, Anggota KPU Kota Denpasar Divisi Sosdiklih, Permas dan SDM, Ni Ketut Dharmayanti Laksmi dan Koordinator Divisi Hukum dan Kordinator Divisi Pencegahan, Permas dan Humas Bawaslu Kota Denpasar, I Wayan Sudarsana. 
 
 
Kabid Poitik Dalam Negeri Kesbangol Kota Denpasar, I Putu Agus Jayadi menyampaikan, pelaksanaan tahapan pemilu serentak 2024, akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.
 
Dalam pemilu bulan Februari tahun 2024 mendatang akan memilih sebanyak 5 pemimpin.  
 
“Untuk itu saya sangat berharap kepada pemilih pemula atau yang baru memiliki KTP atau baru pertama mengikuti pemilu agar dapat menentukan hak pilihnya masing-masing sesuai hati nurani. Kami berharap dalam situasi pemilu mendatang agar tidak membuat atau menerima berita hoax serta mencari informasi yang memang jelas asal-usulnya sehingga nantinya dapat menentukan hak pilih yang tepat,” ujar Agus Jayadi.
 
Ditambahkannya, sosialisasi ini telah dilaksankan di masing-masing kecamatan.
 
Hari ini di Kecamatan Denpasar Barat, sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Denpasar Utara, Kecamatan Denpasar Timur dan Kecamatan Denpasar Selatan. 
 
 
Anggota KPU Kota Denpasar Divisi Sosdiklih, Permas dan SDM, Ni Ketut Dharmayanti Laksmi mengatakan, pemilu serentak tahun 2024 akan dilaksanakn pada 14 Februari 2024.
 
“Pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 pada hari kasih sayang,” ucapnya.
 
Dikatakanya, untuk pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya dalam pemilu yaitu warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat, seperti telah berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara atau yang belum berusia 17 tahun namun telah menikah maupun pernah menikah.
 
Koordinator Divisi Hukum dan Kordinator Divisi Pencegahan, Permas dan Humas Bawaslu Kota Denpasar, I Wayan Sudarsana menambahkan, pemilu bukan hanya milik penyelenggara. Namun, masyarakat yang bukan penyelenggara juga diberikan ruang untuk ikut berpartisipasi mengawasi jalannya Pemilu.
 
 
“Di sinilah pentingnya kita memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pemilu ini bukan milik penyelenggara saja. Pemilu ini adalah hajatan seluruh rakyat Indonesia. Maka dari itu kami menggugah masyarakat, memberikan ruang, mari ikut mengawasi pemilu supaya pemilu ini berintegritas, terutama pada generasi muda ini,” ungkap Wayan Sudarsana.
 
Dikatakannya, dalam pemilihan yang akan datang ini akan memilih 5 pemimpin yaitu Presiden serta Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan DPD RI.
 
“Saya harap para pemilih pemula dapat memilih calon pemimpin baik  baik di eksekutif maupun legislatif yang sesuai dengan hati nurani,” pungkasnya. ***

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x