Modernisasi Tidak Boleh Menggerus Akar Budaya Sekda Adi Arnawa Buka Bulan Bahasa Bali Kabupaten Badung

- 3 Februari 2023, 12:00 WIB
Sekda Badung Wayan Adi Arnawa saat membuka secara resmi Bulan Bahasa Bali Kabupaten Badung Tahun 2023 bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Kamis (2/2).
Sekda Badung Wayan Adi Arnawa saat membuka secara resmi Bulan Bahasa Bali Kabupaten Badung Tahun 2023 bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Kamis (2/2). /Dok. Humas Badung

RINGTIMES BALI - Pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa Bali merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka melestarikan adat, seni, agama, tradisi dan budaya di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Badung Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Giri Prasta saat membuka secara resmi Bulan Bahasa Bali Tahun 2023 di Kabupaten Badung bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Kamis (2/2).

Turut hadir Ketua Komisi IV DPRD Badung Made Suwardana, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Badung Nyonya Ayu Parwata, Ketua DWP Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Gde Eka Sudarwitha, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung Gusti Made Dwipayana, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung, serta Majelis Madya Desa Adat dan undangan lainnya.

Baca Juga: Korupsi Dana KUR, Pegawai Bank BUMN di Denpasar Dituntut Lima Tahun Penjara

“Mewakili Bapak Bupati dan Pemerintah saya berharap kepada tim pembina, tim penilai dan jajaran dinas kebudayaan bagaimana kedepannya kualitas kegiatan ini bisa terus ditingkatkan, karena bagaimanapun juga hal ini merupakan hal yang sangat mendasar dalam rangka menjaga budaya kita, terlebih pariwisata kita berbasis budaya, untuk ini harus tetap dijaga dan dilestarikan secara berkelanjutan,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Dirinya mengungkapkan, selama ini Pemerintah Kabupaten Badung telah banyak memberikan perhatian dan apresiasi dalam hal pelestarian budaya. Bahkan terkait pelaksanaan bulan Bahasa Bali yang diimplementasikan dengan berbagai lomba, yang melibatkan Desa Adat dan anak-anak sekolah. Ditegaskan, Pemerintah Kabupaten Badung komit untuk terus melakukan peningkatan kualitas pelaksanaan sampai kepada peningkatan jumlah hadiah bagi para pemenang lomba.

Baca Juga: Kunjungan Presiden Jokowi ke Bali, Koster: Resmikan Bendungan Tamblang dan Datangi Pasar

“Saya juga meminta kepada anak-anak, anak muda dan masyarakat Badung agar jangan sampai melupakan aksara Bali maupun bahasa Bali, meskipun sekarang banyak orang bersekolah di Sekolah Internasional tapi dia tidak boleh melupakan budayanya. Seperti apa yang sering diingatkan oleh Pak Bupati modernisasi jangan sampai menggerus akar budaya kita,” tegasnya.   

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Badung Gde Eka Sudarwitha melaporkan bulan Bahasa bali Kabupaten Badung tahun 2023 mengambil tema “Segara Kertih Campuan Urip Sarwa Prani” yang bertujuan menjadikan Bulan Bahasa Bali sebagai lingga stana melestarikan aksara Bahasa dan sastra Bali dalam rangka menjaga kesucian wilayah Kabupaten Badung beserta segenap isinya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x