Potensi Angin Kencang Terjadi di Wilayah Bali pada 4 - 6 Januari 2023, BMKG Imbau Warga Waspada

- 5 Januari 2023, 14:13 WIB
Ilustrasi Potensi Angin Kencang Terjadi di Wilayah Bali pada 4 - 6 Januari 2023, BMKG Imbau Warga Waspada.
Ilustrasi Potensi Angin Kencang Terjadi di Wilayah Bali pada 4 - 6 Januari 2023, BMKG Imbau Warga Waspada. /Pexels/Suparerg Suksai

RINGTIMES BALI - Angin kencang berpontensi terjadi di wilayah Bali pada 4 - 6 Januari 2023. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), angin kencang tersebut berkecepatan 6 hingga 46 kilometer per jam.

Cahyo Nugroho, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar pada Rabu menyampaikan, bahwa prediksi cuaca dalam tiga hari ke depan, angin umumnya bertiup dari arah barat daya ke barat.

"Imbauan dari BMKG untuk masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat atau petir," ujarnya dikutip dari Antara Kamis 5 Januari 2023.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ini Dia Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Sepanjang Tahun 2023

Ia pun juga mengimbau masyarakat, utamanya para pelaku kegiatan usaha bahari dan wisatawan agar waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi laut. Sebabnya hal itu dapat mencapai 2 meter bahkan lebih di sekitar perairan utara dan selatan Bali.

Prediksi tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 1 hingga 2 meter, di perairan selatan Bali 1 hingga 5 meter, di selat Bali 1 hingga 3,5 meter, serta di Selat Lombok 1 hingga 3,5 meter.

Oleh karenanya BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dan disertai petir atau kilat di wilayah Bali bagian selatan dan potensi angin kencang di seluruh wilayah Bali pada 4 - 6 Januari 2023.

Baca Juga: Deretan Provinsi dengan Harga Bawang Putih Ukuran Sedang Tertinggi di Indonesia

Dalam satu minggu terakhir sejak bulan Desember 2022, BMKG memang rutin mengeluarkan peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Bali.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x