Ahli Paparkan Pentingnya Peran Forensik dalam Penegakan Hukum di Indonesia, Jadi Rekan Pengadilan

- 22 Juli 2022, 13:40 WIB
Spesialis Forensik dan Medikolegal Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto.
Spesialis Forensik dan Medikolegal Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto. /Humas Polda Bali

RINGTIMES BALI - Spesialis Forensik dan Medikolegal Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto menjelaskan pentingnya peran kedokteran forensik dalam proses penegakan hukum di Indonesia.

Agus Purwadianto yang ditemui di Jakarta, pada Kamis, 21 Juli 2022, menjelaskan ilmu kedokteran forensik merupakan suatu cabang spesialis dari ilmu kedokteran.

Dari awal mula penyidikan hingga proses pidana, forensik pasti berperan karena merupakan rekan pengadilan atau amicus curiae.

Dalam proses penegakan hukum, Agus Purwadianto menekankan, tugas forensik yakni membantu penyidik untuk memeriksa seluruh tubuh korban, baik luka maupun kesehatan yang berkaitan dengan tindak pidana.

Baca Juga: Breaking News, Jasad Eril Berhasil Ditemukan, Terbukti Anak Ridwan Kamil dari Hasil Forensik

Metodologi pada prinsipnya menjalankan suatu tugas prosedur ilmiah, forensik akan mengolah fakta sampai memproduksi satu alat bukti, untuk nantinya menjadi bukti-bukti yang akan disampaikan di pengadilan.

Sehingga, menurut Agus Purwadianto, pada prinsipnya prosedur ilmu kedokteran forensik di Indonesia dan diberbagai negara itu hampir sama, karena melalui proses ilmiah yang sama.

Pembedanya, untuk di Indonesia tidak melakukan terapi, dan tidak mengobati.

Setelah didiagnosis penyebab daripada penyakit, forensik akan menyimpulkan atau membuat deskripsi terkait luka, penyakit ataupun kematian.

Baca Juga: Ibu Novia Widyasari Beri Alasan Tolak Otopsi, Oknum Anggota Polres Pasuruan 'R' Diperiksa Propam

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah