Hari Keluarga Nasional 2022, Momentum Bangun Keluarga Mengedepankan Hak Anak

- 30 Juni 2022, 17:50 WIB
Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022
Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022 /Instagram.com/@kemenpppa

RINGTIMES BALI – Setiap 29 Juni kita semua merayakan Hari Keluarga Nasional.

Hari Keluarga Nasional adalah sebuah momen baik untuk dapat terus memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya membangun keluarga yang responsif gender dan mengedepankan hak anak.

Ringtimes Bali mengutip dari website resmi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA), pada saat perayaan Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022.

“Keluarga merupakan fondasi terpenting dalam pembentukan karakter manusia,” ucap Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Indra Gunawanm dikutip dari kemenpppa.go.id.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional, BKKBN Optimalkan 8 Fungsi Keluarga

Indra Gunawan menambahkan, “Keluarga bisa menjadi titik awal penentu kualitas bangsa karena sebagai unit terkecil dari suatu bangsa, keluarga memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bangsa.”

“Kualitas keluarga dapat dilihat dari Indikator Kualitas Keluarga (IKK) yang terdiri dari 29 indikator dan dibagi menjadi 5 (lima) dimensi,” kata Indra Gunawan.

Indra Gunawan menjelaskan, kelima dimensi tersebut adalah Kualitas Legalitas-Struktur, Kualitas Ketahanan Fisik, Kualitas Ketahanan Ekonomi, Kualitas Ketahanan Sosial-Psikologi, dan Kualitas Ketahanan Sosial-Budaya.

Selanjutnya kebijakan kualitas keluarga ini harus diimplementasikan baik di Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, masyarakat, maupun di tingkat keluarga.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional, BKKBN Optimalkan 8 Fungsi Keluarga

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x