Gempa 5,9 SR Guncang Afghanistan, Lebih dari 1.000 Orang Tewas dan 1.600 Luka-luka

- 23 Juni 2022, 09:49 WIB
Ilustrasi gempa 5,9 SR guncang Afghanistan, 1.000 orang tewas dan 1.6000 luka-luka
Ilustrasi gempa 5,9 SR guncang Afghanistan, 1.000 orang tewas dan 1.6000 luka-luka /Pixabay/Angelo Giordano

RINGTIMES BALI - Pada hari Rabu pagi, gempa bumi berkekuatan 5,9 SR guncang bagian tenggara Afghanistan dekat perbatasan Pakistan.

Gempa tersebut hancurkan kedamaian dan stabilitas yang dapat dipertahankan oleh orang-orang di Afghanistan setelah bertahun-tahun alami kesulitan dan kekerasan.

Gempa yang paling mematikan di negara itu dalam dua dekade melanda sekitar 28 mil barat daya kota Khost, ibu kota provinsi di tenggara negara itu. Lebih dari 1.000 orang tewas dan 1.600 lainnya luka-luka dalam gempa tersebut.

Baca Juga: Seorang Calon Haji Khusus Meninggal Dunia di Madinah Akibat Serangan Jantung

Dilansir dari NY Times, gempa tersebut memiliki kedalaman sekitar enam mil. Namun kerusakan terparah terjadi di Provinsi Paktika yang terletak di sepanjang perbatasan dengan Pakistan.

“Hampir semua rumah sakit pemerintah dan swasta penuh dengan korban,” kata Awal Khan Zadran, seorang dokter di distrik Urgun, Paktika.

"Beberapa dari yang terluka dibawa ke Kabul, ibu kota Afghanistan, dengan helikopter dan lainnya diangkut ke provinsi terdekat," katanya.

Sarhadi Khosti (26), yang tinggal di distrik Sperah, Provinsi Khost, mengatakan dia terbangun oleh guncangan setelah pukul 1 pagi, dan sejumlah rumah, terutama yang terbuat dari tanah liat atau kayu telah hancur total.

Baca Juga: Draupadi Murmu Diusung Jadi Kandidat Calon Presiden India 2022, Lawan Yashwant Sinha

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: NY Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x