Terungkap Alasan di Balik Maraknya Upacara Pelebon Raja Puri Ida Cokorda Pemecutan XI

- 22 Januari 2022, 13:21 WIB
Terungkap alasan di balik maraknya upacara Pelebon Raja Puri Ida Cokorda Pemecutan XI.
Terungkap alasan di balik maraknya upacara Pelebon Raja Puri Ida Cokorda Pemecutan XI. /Ringtimes Bali/Ni Putu Putri Muliantari

RINGTIMES BALI – Pada Jum’at, 21 Januari 2021 dilaksanakan upacara ngaben atau Pelebon di Puri Pemecutan, tempat Ida Cokorda Pemecutan XI tutup usia.

Dalam upacara tersebut ribuan warga berbondong-bondong menyaksikan salah satu upacara ngaben atau Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI dan termasuk yang terbesar di tahun 2022 ini sebagaimana dilansir dari kanal YouTube istana channel.

Ida Cokorda Pemecutan XI meninggal di usia 76 tahun meninggalkan empat orang putra dan putri. Sosoknya dikenal sebagai seorang raja yang selalu berbicara soal persatuan dengan gayanya yang humoris.

Baca Juga: Lirik Lagu Cipika Cipiki dari D' Angels, Girlband yang Ditaksir Deddy Corbuzier

Ida Cokorda Pemecutan XI meninggal dunia pada Rabu, 22 Desember 2021 lalu. Ia menghembuskan napas terakhirnya di kediamannya, Puri Pemecutan pada pukul 06:00 WITA.

Ida Cokorda Pemecutan XI atau Anak Agung Ngurah Manik Prasara merupakan putra pertama dari pasangan Ida Cokorda Pemecutan X dengan istri keempatnya.

Ayahnya merupakan tokoh Puri Pemecutan yang ikut mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945-1946 dan meninggal dunia pada 17 maret 1986.

Baca Juga: Pelebon Raja Puri Pemecutan Ida Tjokorda Pemecutan XI, Upacara Ngaben Termegah Sejak Pandemi Covid-19

Usai sang ayah wafat, para keluarga Puri Agung Pemecutan memutuskan untuk mengangkat Anak Agung Ngurah Manik Prasara sebagai raja Pemecutan XI Abhiseka Ratu pada 16 Juli 1989.

Dengan gelar Ida Cokorda Pemecutan ke-XI, ia ditemani wakilnya Anak Agung Ngurah Made Darma Wijaya dengan gelar Anak Agung Ngurah Gede Lanang Pemecutan.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x