Varian Omicron telah Masuk ke Indonesia 3 Orang Terpapar, Kemenkes Imbau Masyarakat Tidak Keluar Negeri

- 19 Desember 2021, 10:16 WIB
Varian Omicron telah Masuk ke Indonesia 3 Orang Terpapar, Kemenkes Imbau Masyarakat Tidak Keluar Negeri
Varian Omicron telah Masuk ke Indonesia 3 Orang Terpapar, Kemenkes Imbau Masyarakat Tidak Keluar Negeri /Pixabay

RINGTIMES BALI – Kemenkes menyatakan, telah tercatat tiga kasus konfirmasi varian Omicron di Indonesia per Jumat, 17 Desember 2021.

Varian Omicron dari virus corona sejak lusa telah dikabarkan sudah masuk ke Indonesia dengan menginfeksi seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet berinisial N, kemarin dikabarkan kembali oleh Kemenkes bahwa ada 2 orang lagi yang terpapar varian ini.

Dua pasien yang terdiagnosis positif Covid-19 (varian omicron) berasal dari sampel 5 kasus probable omicron, yang mana dua pasien tersebut baru saja kembali dari luar negeri.

Semua temuan tersebut adalah hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Balitbangkes (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) pada tanggal 14 dan 15 Desember lalu.

Baca Juga: Omicron Penyebaran Cepat Tapi Keluhan Lebih Ringan dari Delta, Begini Penjelasan dr. Adam Prabata

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ laki-laki usia 42 tahun, perjalanan dari Amerika Selatan dan M laki-laki usia 50 tahun perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet”, ungkap dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid dikutip dari laman Kemenkes.

Sistem proteksi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia terhadap potensi merebaknya varian omicron sudah dilakukan dengan baik.

Pemerintah telah memberlakukan karantina wajib selama 10 hari untuk kedua pasien terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19 (varian omicron).

Untuk menyikapi varian omicron di Indonesia dan mengingat penyebaran omicron yang terbukti sangat cepat, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementrian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x