Presiden Xi Jinping Janji China Akan Jaga Perdamaian Dunia

- 26 Oktober 2021, 16:45 WIB
Presiden China xI Jinping berjanji bahwa negaranya akan ikut menjaga perdamaian dunia hingga menerapkan hukum internasional.
Presiden China xI Jinping berjanji bahwa negaranya akan ikut menjaga perdamaian dunia hingga menerapkan hukum internasional. /Reuters/Damir Sagoljo

 


RINGTIMES BALI -
Presiden China Xi Jinping berjanji bahwa negaranya akan senantiasa menjaga perdamaian dunia dan terus menerapkan hukum internasional.

Pernyataan ini disampaikan Xi Jinping kala berbagai negara, termasuk AS, sedang mewaspadai China belakangan ini yang semakin mengancam.

"China secara tegas akan menolak segala bentuk hegemoni dan kekuasaan politik, unilateralisme serga proteksionisme," tutur Xi Jinping yang dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Tegang dengan India, China Sahkan Undang-undang Perbatasan Darat

Kemudian, ia juga menyerukan bentuk kerja sama internasional untuk menangani isu regional, terorisme, perubahan iklim, keamanan siber hingga biosecurity.

Tak hanya itu, Presiden China Xi Jinping juga mengajak seluruh negara untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian, pengembangan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan.

Namun, ditengah penyeruan nilai-nilai perdamaian, China juga masih mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsi mereka.

Sehingga Xi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, kerap terlibat serang komentar dalam perebutan kedaulatan wilayah Taiwan.

Baca Juga: China Kembali Dihajar Covid-19, XI Jinping Beri Peringatan

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x