Presiden XI Jinping Ingin Hubungan China dengan Rezim Kim Jong Un Kian Menguat

- 24 Oktober 2021, 09:10 WIB
Presiden China XI Jinping dan Presiden Korea Utara Kim zhong Un siap memperkuat hubungan bilateral mereka
Presiden China XI Jinping dan Presiden Korea Utara Kim zhong Un siap memperkuat hubungan bilateral mereka /Instagram/@chinaxinhuannews.


RINGTIMES BALI -
Presiden China Xi Jinping mengatakan keinginannya agar China dapat meningkatkan hubungan bilateralnya dengan Korea Utara.

Hal itu dilaporkan oleh media Korea Utara, Sabtu 23 Oktober 2021. Pernyataan presiden Xi Jinping terdapat pada surat yang diserahkan langsung kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Surat tersebut adalah surat balasan dari surat yang dikirimkan Kim Jong-un saat Perayaan Hari Nasional China yang ke-72 lalu.

Baca Juga: China Gertak AS Setelah Presiden Joe Biden Nyatakan Bela Taiwan

Dilansir dari The Korea Herald, Xi Jinping mengungkapkan bahwa dirinya sangat memperhatikan hubungan antara Korea Utara dan China.

Selain itu, Presiden China tersebut juga menyatakan kesediaannya untuk memperkuat hubungan bilateral dwngan Korea Utara.

Sebelumnya, Korea Utara dan China dikabarkan tengah bersitegang dengan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Inggris Peringatkan China Jauhi Aktivitas Berbahaya di Zona Pertahanan Taiwan

Korea Utara menganggap AS sebagai penyebab utama dari hukuman embargo sebagai akibat ijin pengembangan nuklir mereka yang dicabut.

Sedangkan China bersitegang katena AS, secara terang-terangan menyatakan dukunnya kepada Taiwan, yaitu negara yang dinaggap Xi Jinping sebagai provinsi China yang membangkang.

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi

Sumber: Korea Herald


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x