Lawan Militer China, Jepang Bakal Kerahkan Rudal di Dekat Taiwan

- 7 Agustus 2021, 19:06 WIB
Jepang berencana akan memasang rudal di dekat wilayah Taiwan dengan tujuan untuk melawan militer China yang semakin berkembang.
Jepang berencana akan memasang rudal di dekat wilayah Taiwan dengan tujuan untuk melawan militer China yang semakin berkembang. /Pixabay/2427999

RINGTIMES BALI - Jepang dikabarkan berencana mengerahkan rudal Ground Self-Defense Force (GSDF) di dekat Taiwan tahun depan.

Rencana Jepang ini merupakan langkah awal dalam melawan dominasi militer China di Laut China Timur.

Dilansir dari Yomiuri Shimbun rencana pengerahan rudal bertujuan untuk melawan kehadiran Angkatan Laut China di wilayah yang membawa perselisihan militer sepanjang sejarah.

Baca Juga: China Murka Usai AS Umumkan Jual Senjata ke Taiwan

Selain itu, media lokal tersebut juga menambahkan bahwa nuklir tersebut akan membantu mempertahankan diri dari potensi serangan China.

Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo mengonfirmasi bahwa rencana pengerahan beberapa ratus personel Pasukan Bela Diri (SDF) dan rudal bertujuan untuk mencegah dan mempertahankan diri dari potensi ancaman dari militer China yang semakin berkembang.

Kishi Nobuo mengatakan bahwa dua rudal yang akan dipasang adalah rudal anti-pesawat dan rudal anti-kapal akan ditempatkan di Ishigaki-jima tahun 2022.

Baca Juga: Seorang Nenek di China Dituduh Picu Sebaran Covid-19 Delta

Kementerian Pertahanan Jepang juga dikabarkab akan berencana memasang unit senjata perang elektronik di pulau Yonaguni pada akhir 2023 dan membangun pangkalan SDF baru di pulau Mageshima.

Seperti yang diketahui bahwa China juga mengeklaim Taiwan sebagai bagian wilayahnya, walaupun Taiwan telah mendeklarasikan demokrasi.***

Editor: Rani Purbaya

Sumber: Yomiuri Shimbun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x