Laut China Selatan Memanas, India Kembali Kerahkan 4 Kapal Perang

- 3 Agustus 2021, 17:39 WIB
Laut Cina selatan semakin memanas setelah India mengirim empat unit kapal perang ke kawasan yang kini menjadi wilayah sengketa
Laut Cina selatan semakin memanas setelah India mengirim empat unit kapal perang ke kawasan yang kini menjadi wilayah sengketa /Pixabay/Kanenori


RINGTIMES BALI -
 Laut Cina selatan semakin memanas setelah India kerahkan empat kapal perang untuk misi dua bulan latihan tempur dengan AS, Jepang dan Australia.

Pengerahan empat kapal perang itu telah diumumkan Kementerian Pertahanan India. Langkah ini semakin memanaskan ketegangan di kawasan Laut Cina Selatan.

Kementerian Pertahanan India mengatakan empat kapal perang berangkat dari India awal bulan ini, tanpa memberikan tanggal keberangkatan yang spesifik.

Baca Juga: Kabar Duka China Cetak Rekor Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi Sepanjang 2021

Empat kapal yang menjadi gugus tugas itu mencakup kapal perusak peluru kendali, fregat peluru kendali, korvet anti-kapal selam dan korvet peluru kendali.

Keempat kapal tersebut akan berpartisipasi dalam serangkaian latihan tempur gabungan selama penempatan dua bulan, termasuk latihan Malabar 2021 dengan pasukan AS, Jepang dan Australi serta negara-negara yang membentuk aliasi Quad.

Kementerian Pertahanan India mengatakan dalam latihan militer bilateral lainnya selama penempatan, empat kapal perang tersebut akan bekerja dengan unit Angkatan Laut dari negara-negara pesisir Laut Cina Selatan, termasuk Singapura, Vietnam, Indonesia dan Filipina.

Baca Juga: Atlet China Dihujat Netizen Negaranya setelah Gagal di Olimpiade Tokyo 2020

Diketahui, Laut Cina Selatan telah menjadi sarang aktivitas Angkatan Laut dalam beberapa pekan terakhir.

Pekan lalu, kelompok tempur kapal induk Inggris transit di perairan seluas 1,3 juta mil persegi itu, sementara kelompok kapal perang Amerika, dan pasukan dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China menggelar latihan di kawasan tersebut.

Halaman:

Editor: Rani Purbaya

Sumber: Washington Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x