Militer China Tuding Amerika Bersekutu dengan Taiwan, Ketegangan Meningkat di Perbatasan

- 23 Juni 2021, 16:21 WIB
kapal Amerika Serikat bergerak di perbatasan Taiwan-China negeri tirai bambu itupun menuding jika kedua negara itu telah bersekutu
kapal Amerika Serikat bergerak di perbatasan Taiwan-China negeri tirai bambu itupun menuding jika kedua negara itu telah bersekutu /Reuters/

RINGTIMES BALI - China mengecam adanya sebuah kapal Perang Amerika Serikat yang berlayar di jalur perbatasan yang memisahkan negara itu dengan Taiwan.

Hal ini tentu menjadi ancaman besar bagi negara yang sedang terpicu konflik belakangan ini.

Atas hal itu pemerintah China pun mengutuk Amerika sebagai negara yang menciptakan risiko keamanan terbesar di kawasan itu.

Pihak armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan kapal tersebut biasa melakukan transit rutin di Selat Taiwan.

Baca Juga: Thailand Habiskan 16 Juta Dolar Uang Sumbangan Bangun Patung Besar dari Emas

Hal ini sesuai dengan hukum internasional, katanya.

Pihak Amerika menyatakan jika kapal yang transit melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Pihak AS sengaja memainkan trik lama yang sama dan menciptakan masalah dan mengganggu hal-hal di Selat Taiwan," kata Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China dilansir dari Reuters.

China mengecam bahwa apa yang dilakukan Amerika Serikat telah menciptakan resiko keamanan terutama bagi keamanan regionalnya.

"Dan kami dengan tegas menentang ini," tandasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X