Joe Biden Minta Intelijen AS Terus Investigasi Asal Mula Covid-19, Meskipun Ragukan Teori Kebocoran Lab Wuhan

- 27 Mei 2021, 19:17 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden meminta pejabat intelijen AS untuk menggadakan investigasi dalam menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19.
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden meminta pejabat intelijen AS untuk menggadakan investigasi dalam menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19. /Pikiran rakyat/

RINGTIMES BALI – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden meminta pejabat intelijen AS untuk menggadakan investigasi dalam menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19.

Selain itu, ia juga meminta pihaknya juga menyelidik kemungkinan jejak tersebut mengarah ke laboratorium China. Hal itu disampaikan Biden pada Rabu, 26 Mei 2021 kemarin.

Investigasi tersebut dilakukan setelah pihaknya berbulan-bulan menggagap hal tersebut hanya sekadar teori dan pemerintahan Biden menanggapi tekanan AS dan dunia agar China lebih terbuka tentang wabah tersebut.

Biden meminta badan intelijen AS untuk melaporkan kembali temuan mereka dalam kurun waktu 90 hari.

Baca Juga: Departemen Luar Negeri AS Larang Warganya Bepergian ke Jepang, 'Tingkat Vaksinasi Rendah'

Dia mengarahkan laboratorium nasional AS untuk membantu penyelidikan dan meminta China untuk bekerja sama dengan penyelidikan internasional tentang asal-usul pandemi.

Dikutip Ringtimesbali.com dari situs Japan News via Associated Pers Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, telah mengatakan teori bahwa virus muncul dari kecelakaan laboratorium ketimbang secara alami melalui kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi.

Biden dalam sebuah pernyataan mengatakan mayoritas komunitas intelijen telah "bersatu" di sekitar dua skenario yang mungkin terjadi, tetapi "tidak percaya ada informasi yang cukup untuk menilai salah satu kemungkinan lebih besar daripada yang lain."

Dia mengungkapkan bahwa dua lembaga condong ke arah hubungan hewan dan "satu lebih condong ke arah" teori lab, menambahkan, "masing-masing dengan keyakinan rendah atau sedang."

Baca Juga: AS Krisis Boba akibat Covid-19, Bisnis Bubble Tea Terancam

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: The Japan News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x