China Diam-diam Dekati Iran, Bahas Palestina, Nuklir, hingga Jalur Sutra

- 26 Mei 2021, 19:34 WIB
China dikabarkan diam - diam telah mendekati Iran  dan membahas sejumlah isu mulai dari Palestina, Nuklir hingga jalur sutra
China dikabarkan diam - diam telah mendekati Iran dan membahas sejumlah isu mulai dari Palestina, Nuklir hingga jalur sutra /Instagram.com/@realxijinping


RINGTIMES BALI -
Presiden China, Xi Jinping, diam-diam mendekati Iran untuk memberikan dukungan dalam berbagai isu Palestina hingga jalur sutra, terutama nuklir pada Senin 24 Mei 2021.

Pihak China menyampaikan dukungan kepada Iran terkait perjanjian nuklir Iran, yakni, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Program Jalur Sutra milik China juga dibahas.

Dilansir ringtimes Bali dari Xinhua, kedua negara berjanji memperkuat koordinasi dengan Iran dalam menjaga kepentingan bersama. Presiden Xi berkata China - Iran telah melakukan konsolidasi kepercayaan secara besar-besaran dan siap mempertahankan keadilan internasional.

Baca Juga: China Ancam Tembak Rudal Balistik ke Australia Jika Ikut Campur Soal Taiwan

Tahun ini, adalah tahun ke-50 peringatan hubungan diplomatis China - Iran. Kedua negara berkata terus mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif.

Kerja sama selama pandemi Covid-19 juga disebut menghasilkan kerja sama bilateral yang praktis. Presiden Iran memuji China yang berhasil mengendalikan pandemi.

Presiden Hassan Rouhani juga mengapresasi China yang menolong Iran dan negara-negara lain selama melawan Covid-19. Iran pun mendukung kebijakan one-China, serta langkah China dalam menjaga kedaulatan nasional dan integritas wilayah.

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Susah Gemuk Padahal Makan Banyak, Salah Satunya Stres

Terkait isu Palestina, Presiden Xi berkata akan memainkan peran konstruktif, dan siap bekerja dengan Iran untuk mempromosikan keamanan dan stabilitas regional.

Pihak Iran menambahkan apreasiasi terhadap posisi China dalam isu perjanjian nuklir dan konflik Israel-Palestina.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Xinhua


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x