Media Asing Soroti Banyaknya Perempuan Indonesia yang Terlibat Serangan Bom

- 26 Mei 2021, 15:20 WIB
Salah satu media asing kembali menyoroti maraknya perempuan di Indonesia yang terlibat dalam serangan bom dan ISIS
Salah satu media asing kembali menyoroti maraknya perempuan di Indonesia yang terlibat dalam serangan bom dan ISIS /Pexels

RINGTIMES BALI - Media Asing kembali menyoroti banyaknya perempuan di Indonesia yang terlibat serangan bom beberapa tahun belakangan ini.

Dilansir Ringtimes Bali dari laman media asing Al Jazeera, Perempuan telah memainkan peran yang semakin menonjol dalam serangan garis keras di Indonesia dalam perkembangan yang mencerminkan pengaruh ISIS.

Contohnya ketika Zakiah Aini seorang perempuan 25 tahun, putus sekolah dari universitas, masuk ke Mabes Polri di Jakarta sambil mengacungkan senapan angin pada hari terakhir bulan Maret, pada awalnya dilaporkan secara luas, dan mungkin diasumsikan, bahwa pelaku pernah menjadi seorang pria.

Baca Juga: Rizky Billar dan Lesty Rahasiakan Tanggal Pernikahan, Denny Darko: November Tahun Ini

Namun dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak perempuan Indonesia yang terlibat dalam serangan kekerasan di seluruh nusantara, terutama setelah kembalinya orang-orang yang dilatih di bawah ISIL (ISIS) di Suriah dan pembentukan kelompok yang berafiliasi dengan ISIL seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"ISIS menciptakan struktur izin untuk memasukkan wanita dalam peran yang lebih di garis depan," kata Judith Jacob, seorang analis terorisme dan keamanan di London School of Economics, kepada Al Jazeera.

“Dengan mendorong serangan oportunistik dan seruan umum bagi pendukung untuk melakukan apa yang mereka bisa, ini membuka pintu bagi perempuan untuk berpartisipasi lebih siap daripada di bawah struktur komando dan kontrol sebelumnya yang mempromosikan hierarki formal yang pada akhirnya mengecualikan perempuan.”

Di seluruh nusantara sejak pengeboman Maret di Makassar dan serangan di Jakarta, di tengah spekulasi bahwa Aini lebih mudah masuk ke Mabes Polri karena dia perempuan.

Baca Juga: Berurai Air Mata Rosmawati Ginting Mengaku Istri Pertama Hotma Sitompul, 'Kamu Telah Mati dalam Hidup Saya'

Serta penyerangan Aini di Mabes Polri yang berakhir dengan ditembak hingga tewas oleh petugas polisi di TKP, Katedral Hati Kudus Yesus di Makassar, Sulawesi diserang seminggu sebelum Paskah oleh dua pelaku bom bunuh diri yang pernah menikah hanya tujuh bulan.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x