Akademisi Sebut Pupuk Kandang Mampu Selamatkan Lahan Pertanian dari Perubahan Iklim

- 24 Mei 2023, 08:50 WIB
Pupuk kandang
Pupuk kandang /Unsplash/Markus Spiske

RINGTIMES BALI- Guru Besar Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB), Sobir, mengatakan bahwa pupuk kandang bisa jadi solusi, untuk mengatasi dampak perubahan iklim, yang terjadi pada lahan-lahan pertanian di Indonesia.

Perubahan iklim, dapat menyebabkan terjadinya perubahan cuaca dan suhu dalam jangka waktu lama, yang dapat menimbulkan efek serius terhadap sektor pertanian.

Adapun efek yang dapat timbul dari perubahan iklim ini, diantaranya kekeringan atau kemarau panjang, hingga berkurangnya tingkat kesuburan tanah.

Sobir menjelaskan bahwa, pupuk kandang mempunyai beberapa manfaat bagi lahan pertanian. pupuk kandang bisa mengikat air lima kali lebih besar dari volumenya. Hal ini terjadi karena adanya bahan organik yang terkandung dalam pupuk kandang.

Melalui kemampuan pupuk kandang dalam menyimpan air, lahan pertanian bisa lebih tahan kering dan airnya tidak cepat menguap. 

“Pupuk kandang meningkatkan water holding capacity atau kapasitas penyimpanan air,” ucap Sobir, dikutip dari Antara, Selasa 23 Mei 2023.

Manfaat lain dari pupuk kandang yakni mampu meningkatkan atau mengembalikan kesuburan tanah. Pupuk kandang mengandung mikroorganisme, yang membantu dalam menjaga kekeringan, serta dalam pengembalian unsur hara tanah.

Maka dari itu, semakin banyak pupuk kandang dipakai pada lahan pertanian, maka semakin banyak pula kandungan mikroorganisme dalam tanah.

Lebih lanjut dijelaskan Sobir bahwa tingkat kesuburan lahan pertanian di Indonesia, berkurang akibat rendahnya kandungan bahan organik dalam tanah.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x