Pemkab Badung Seleksi 469 Calon Paskibraka 2024

- 22 Februari 2024, 18:16 WIB
Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kabupaten Badung, I Nyoman Trisna Aditya Warma.~
Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kabupaten Badung, I Nyoman Trisna Aditya Warma.~ /Ringtimes Bali/Pikiran Rakyat Media Network/dre

RINGTIMES BALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melaksanakan seleksi terhadap 469 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) tingkat kabupaten tahun 2024.

"Seleksi Paskibraka ini telah berjalan sampai dengan pendaftaran online, dan sedang dilaksanakan pendataan untuk dipanggil kembali guna dilakukan tes selanjutnya," ungkap Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Badung, I Nyoman Trisna Aditya Warma, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya dalam seleksi yang diikuti 469 calon Paskibraka tersebut, terdiri dari 297 calon Paskibraka laki-laki dan 172 perempuan yang telah mendaftarkan dirinya di website paskibraka.bpip.co.id.

"Nantinya kami mencari calon Paskibraka berjumlah 70 orang dengan rincian 35 orang laki-laki dan juga 35 perempuan. Mereka akan dididik dan dilatih di lapangan pusat pemerintahan (Puspem) Badung. Mereka juga akan melaksanakan tugas pengibaran di tempat yang sama," ujarnya.

Baca Juga: Badung Tuan Rumah Kegiatan Forum Nasional Pemeriksaan, Penagihan, dan Penegakan Hukum Tahun 2024

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebelum para Paskibraka terpilih, ada beberapa tahapan yang akan dilalui, yakni mulai seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensia umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi baris-berbaris dan kesamaptaan serta seleksi kepribadian.

"Setelah dinyatakan lolos seluruh tahapan tersebut, maka akan diumumkannya hasil akhir dari tes tersebut," jelasnya.

Untuk calon Paskibraka yang lolos, dia menyatakan akan mendapatkan fasilitas baju latihan, hotel dan Pusdiklat selama 14 hari sebelum pengibaran, sehingga diharapkan dapat lebih fokus dan semangat dalam mengabdi kepada negara melalui bidangnya.

"Saya berharap semoga kita bisa mempersiapkan anak muda yang lebih kreatif dan juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi serta mempunyai rasa bela negara, menuju generasi emas 2045 mendatang," tandasnya.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x