Inovasi Bungan Desa Sukses Bawa Tabanan Menjadi Salah Satu Finalis PPD Tahun 2024

- 15 Februari 2024, 19:00 WIB
Bupati Tabanan paparkan visi misi menuju Tabanan Era Baru, dalam penilaian Tahap II PPD Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2024, Selasa, (13/2).
Bupati Tabanan paparkan visi misi menuju Tabanan Era Baru, dalam penilaian Tahap II PPD Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2024, Selasa, (13/2). /Dok. Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI - Dedikasi tinggi dan kesungguhan bekerja seluruh jajaran Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, kembali memberikan hasil yang maksimal. 

Sesuai surat dari Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Bali Nomor : 005/52/DK/055/Bappeda/2024 tanggal 7 Februari 2024 perihal Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2024, dimana Kabupaten Tabanan mampu menjadi salah satu finalis dari 3 (tiga) Kabupaten/Kota di Bali.

Untuk memantapkan hal tersebut, Bupati Tabanan, Sanjaya, didampingi oleh Para Asisten Setda dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, memaparkan narasi video terkait gambaran umum Kabupaten Tabanan, termasuk program-program yang tercantum dalam visi misi menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) dalam

Baca Juga: Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024, Wabup Suiasa Harap Pemilu Berjalan Demokratis

penilaian Tahap II PPD Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Trans Resort Bali, Jalan Sunset Road No. 30 Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali, Selasa, (13/2). Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra., S.Sos.,M.Si.

Dalam pertemuan itu dijelaskan, Membangun Tabanan dari Desa, sebagai inovasi Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan mengedepankan potensi kearifan lokal yang dimiliki setiap Desa di Tabanan, mulai dari pertanian, perkebunan hingga pariwisata serta keunggulan fasilitas pelayanan langsung ke masyarakat, menjadi terobosan yang diusung dan terus diaplikasikan di Tabanan. 

Oleh sebab itu, manfaat dari program "Bungan Desa" atau Bupati Ngantor Di Desa yang diinisiasi langsung oleh Bupati Tabanan saat itu, mendapat perhatian yang sangat krusial. 

Orang nomor satu di Tabanan menjelaskan, ketika Bupati Ngantor di Desa, korelasinya dan implikasi serta dampaknya harus dilihat, agar membangun itu sama dan selaras, di mana intinya apapun visi dan misi Presiden, Gubernur, Bupati dan Kepala Desa adalah sama, hanya mungkin narasinya yang berbeda. 

“Intinya mensejahterakan masyarakat. Sejahtera dalam bidang sandang, pangan dan papan, pendidikan, kesehatan, jaminan sosial, tenaga kerja, pelestarian adat, agama dan budaya, juga ditunjang oleh infrastruktur fisik yang memadai. Terdampaklah 5 program itu agar sesuai dengan visi misi kita. Tabanan Era Baru ini bisa tercapai jika 5 program itu terealisasi," sebutnya. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x