Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan Cemagi Mengwi

- 7 Desember 2023, 23:59 WIB
  Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung, Banjar Petapan Cemagi, Kecamatan Mengwi, Rabu (6/12)
Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung, Banjar Petapan Cemagi, Kecamatan Mengwi, Rabu (6/12) /Dok Humas Badung/

RINGTIMES BALI - Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Melaspas, Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung, setelah rampungnya bangunan Fisik yang dibantu dana BKK Pemerintah Kabupaten Badung Tahun 2023 sebesar Rp 2.747. 287.000., Banjar Petapan Cemagi, Kecamatan Mengwi, Rabu (6/12). 

Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Badung I Wayan Adi Sanjaya, Perwakilan Camat Mengwi serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sembrama wecananya Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menyampaikan rasa syukur dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Banjar Petapan dalam melaksanakan upacara Melaspas dan Ngelinggihang di Pura Puseh Bongan dan Pura Ibu/Panti Arya Kenceng Tegeh Kori Agung ini. 

”Saya berharap upacara ini bisa berjalan lancar karena ini adalah satu wujud ungkapan terima kasih kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Melalui kegiatan Karya ini juga semoga kita selalu dianugerahi kesehatan dan kerahayuan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa. Saya minta juga untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan karena Desa Cemagi sudah masuk daerah pariwisata, maka dari itu keamanan menjadi mutlak diperlukan untuk membuat tamu yang datang merasa nyaman dan betah datang ke Kabupaten Badung,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam kegiatan adat, agama, seni, dan budaya.

Untuk itu pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat, mudah-mudahan dengan kegiatan upacara ini juga salah satunya untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional datang ke Bali khususnya ke Kabupaten Badung 

“Karena bagaimanapun juga PAD di Kabupaten Badung salah satunya bersumber dari sektor pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu Manggala Karya Gusti Putu Senti, mengucapkan Banyak terimakasih atas kehadiran Sekda Badung bersama undangan lainnya dimana masyarakat Banjar Petapan melaksanakan upacara Melaspas, Ngelinggihang, dimana upacara ini dilaksanakan setelah rampungnya bangunan pura yang diperbaiki dimana dananya berasal dari dana BKK Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 2.747.287.000. 

“Untuk karya biayanya berasal dari Swadaya Krama Setempat. Adapun bangunan yang kami perbaiki diantaranya Kori Agung, Penyengker, Balai Gendongan, Apit Surang di Jaba Sisi, dan Apit Surang Alit di sisi Kaja Kangin dan untuk bangunan diluar itu ada yang kami perbaiki dananya dari Swadaya dan Kas Pura setempat yang kami pergunakan, dan upacara di pura ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dan pembiayaannya secara Swadaya masyarakat pengempon, " jelasnya.***

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x