Bandara Ngurah Rai Perpanjang Sosialisasi Pembayaran Parkir Nontunai

- 30 November 2023, 22:59 WIB
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menunda penerapan pembayaran parkir secara nontunai atau digital
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menunda penerapan pembayaran parkir secara nontunai atau digital /Pikiran Rakyat Media Network/

RINGTIMES BALI - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kabupaten Badung telah mencoba penerapan pembayaran parkir secara nontunai atau digital sejak awal November 2023.

Namun saat pelaksanaanya berlangsung sejak November lalu, masihlah terjadi kendala bagi masyarakat saat melakukan pembayaran. Hal ini menyebabkan pihak bandara menunda melaksanakan parkir nontunai ini secara penuh, padahal rencananya kebijakan ini akan dilaksanakan pada setiap loket pembayaran mulai Jumat 1 Desember 2023 besok.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Iwan Novi menjelaskan, bahwa komitmen untuk pelaksanaan digitalisasi di bandara tetap akan dijalankan. Namun, menurutnya rasio pembayaran tunai hingga kini masihlah dominan, sehingga pihaknya menilai perlu adanya masa perpanjangan pembayaran secara nontunai.

"Dari hasil evaluasi sosialisasi parkir nontunai,  kami merasa harus memberikan tambahan waktu, supaya pengguna jasa terbiasa dengan metode baru pembayaran nontunai," jelas Iwan, Kamis (30/10/2023).

Iwan berharap perpanjangan masa sosialisasi ini akan memberikan dampak pada peningkatan pembayaran parkir nontunai. Pihaknya akan lebih gencar melakukan promosi, di antaranya dengan memanfaatkan jam operasional tertentu yang tidak terlalu padat agar setiap kendaraan roda empat atau lebih, wajib melakukan tap in (menempelkan kartu uang elektronik) di pintu masuk.

"Selain itu, kami juga akan tempatkan posko untuk penyelesaian kendala teknis di lapangan agar tidak menambah panjang antrian kendaraan masuk atau keluar," ujarnya. 

Terkait lama penambahan waktu masa sosialisasi, Iwan menjelaskan, secara berkala akan dievaluasi kembali peningkatan rasio pembayaran nontunai.

"Mungkin peningkatannya tidak instan, kami akan periksa secara harian dan bagaimana rasionya di jam yang diwajibkan pembayaran nontunai. Harapannya dalam perpanjangan waktu sosialisasi ini akan ada perubahan," tuturnya.

Pihaknya memastikan saat pengoperasian penuh nanti akan ada pemberitahuan resmi dengan waktu yang cukup. Lebih lanjut, Iwan mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat agar implementasi ini dapat terlaksana, mengingat salah satu tujuannya adalah untuk mempercepat proses transaksi pembayaran agar mengurangi antrian pada pintu keluar bandara.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x