Festival Legong Keraton Lasem Siap Digelar 4-5 November Mendatang

- 3 November 2023, 00:55 WIB
Pelaksanaan Festival Legong Keraton Lasem se-Bali tahun 2022 lalu.
Pelaksanaan Festival Legong Keraton Lasem se-Bali tahun 2022 lalu. /Dok Humas Denpasar/

RINGTIMES BALI - Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan bekerjasama dengan Puri Agung Denpasar siap menggelar Festival Legong Keraton Lasem se-Bali. 

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya pelestarian kesenian klasik tarian pelegongan ini akan dihelat di Jaba Pura Agung Jagatnatha Denpasar pada 4-5 November mendatang. 

Demikian diungkapkan Penglingsir Puri Agung Denpasar, AA Ngurah Wira Bima Wikrama saat dikonfirmasi, Kamis (2/11). 

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Festival Legong Denpasar ini merupakan langkah nyata dalam mendukung dan menguatkan kesenian klasik, khususnya palegongan di Kota Denpasar. 

Sehingga melalui Festival Legong ini, diharapkan kesenian palegongan tetap eksis sebagai kesenian klasik dan memiliki ciri khas tersendiri. 

Dikatakannya, lomba ini dikhususkan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dengan materi Legong Keraton Lasem yang menggunakan kaset Aneka Record STSI Vol. 5. 

Kegiatan yang dilaksanakan untuk kali kedelapan ini akan memperebutkan Piala Bergilir Walikota Denpasar. Dimana, hingga kini sebanyak 28 kelompok telah terdaftar mengikuti kegiatan ini. 

“Harapan kami melalui kegiatan ini dapat mendukung pelestarian kesenian klasik Legong Keraton Lasem di Kota Denpasar,” ujarnya. 

Sementara, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara didampingi Kabid Kesenian, I Wayan Narta mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x