Tanggap Bencana, Bupati Tabanan Perintahkan Gerak Cepat Tangani Kebakaran TPA Mandung

- 14 Oktober 2023, 17:16 WIB
Bencana kebakaran yang terjadi di TPA Mandung, Kecamatan Kerambitan, mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah, Sabtu (14/10).
Bencana kebakaran yang terjadi di TPA Mandung, Kecamatan Kerambitan, mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah, Sabtu (14/10). /Dok Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI - Upaya Pemerintah Kabupaten Tabanan, dalam hal ini Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, yang turun langsung dalam menanggapi bencana, dilakukan dengan sigap dan antisipatif.

Bencana kebakaran yang terjadi di TPA Mandung, Kecamatan Kerambitan, mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah, Sabtu (14/10).

Kebakaran di area seluas 2,7 HA Tempat Pembuangan Akhir Mandung ini terjadi sejak dini hari dan disebabkan oleh zat metan yang berasal dari tumpukan sampah, cuaca panas yang ekstrim dan penyebaran lewat angin yang kencang. 

Pemadaman secara manual telah dilakukan sejak pertama kali muncul api, hingga saat ini pihak Damkar masih dalam proses pemadaman. Siang itu, Bupati didampingi oleh Dandim, Sekda, Asisten II, Kadis LH, Kadis PU, Kepala BPBD, pihak Damkar, Camat Kerambitan beserta Forkopimcam, Kabag Prokopim dan petugas TPA.

Berdasarkan hasil pantauan Bupati beserta jajaran siang itu, pihaknya segera menegaskan untuk membentuk tim terpadu dengan lintas lini kerja yang baik dan melibatkan semua stakeholder, baik itu LH, Damkar, Dishub, BPBD, Satpol PP, hingga LSM, Bendesa Adat dan tokoh masyarakat. 

Hal tersebut untuk antisipasi penanggulangan bencana jangka pendek, sementara pihaknya menyatakan akan terus berkoordinasi dengan para OPD terkait.

“Antisipasi jangka pendeknya sudah saya koordinasikan terus agar tidak merambat, khususnya asap. karena itu yang paling mengganggu. Saya juga mintakan harus ada tim koordinasi lintas OPD. Astungkara sudah gerak cepat langkah kita, lintas koordinasi kota juga sudah sangat baik. Dalam kejadian ini, saya selalu Pemerintah Daerah bersama Sekda, bagaimana mengantisipasi persoalan ini untuk jangka menengah dan panjang,” jelas Sanjaya siang itu.

Baca Juga: BMKG: Prakiraan Cuaca Kecamatan di Provinsi Bali, Minggu 15 Oktober 2023

Pihaknya juga menyatakan telah senantiasa berkoordinasi dengan daerah Sarbagita (Denpasar Badung, Gianyar Tabanan) terkait penanggulangan kebakaran sampah, sebelumnya juga sudah terjadi di TPA Suwung Denpasar. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x