Warga Binaan Rutan Gianyar Percantik Kamar Tahanan dengan Seni Lukis

- 22 September 2023, 14:06 WIB
Sejumlah warga binaan sedang melukis dalam kamar hunian mereka di Rumah Tahanan Kelas II B Gianyar, Jalan Ngurah Rai Gang Timur DPRD, Kabupaten Gianyar ~
Sejumlah warga binaan sedang melukis dalam kamar hunian mereka di Rumah Tahanan Kelas II B Gianyar, Jalan Ngurah Rai Gang Timur DPRD, Kabupaten Gianyar ~ /Andre Putra/Ringtimes Bali/Pikiran Rakyat Media Network

RINGTIMES BALI - Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Gianyar terus melakukan kegiatan positif dan bermanfaat. Hal ini ditunjukkan melalui seni menggambar dan melukis.

Dilandasi semangat gotong-royong dan kebersamaan, mereka semua tampak mempercantik dan memperindah kamar hunian melalui berbagai lukisan dengan konsep yang menarik.

Menurut Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Gianyar, I Wayan Mertawan mengatakan, berbagai kegiatan produktif terus digencarkan guna mengisi kesenggangan waktu para tahanan selama menjalani hukuman di rutan.

"Walaupun berada di rutan, bukan berarti semangat mereka untuk berkreativitas dan berkarya surut begitu saja. Kami selalu senantiasa memberikan pendampingan dan memfasilitasi berbagai kegiatan positif yang ingin dilaksanakan. Contohnya kegiatan pembinaan kemandirian, sehingga skill dan kelebihan mereka berguna dan terasah di dalam rutan," ujar Mertawan pada Jumat (22/9/2023).

Sementara Kepala Rutan Gianyar, Muhammad Bahrun, mengapresiasi kegiatan positif ini dan menghimbau seluruh tahanan terus mengembangkan skill-skill yang dimiliki agar kelak berguna ketika saatnya menghirup udara bebas dikemudian hari.

"Tunjukkanlah apa yang bisa dilakukan. Sehingga nantinya kelebihan-kelebihan tersebut dapat terasah dan berkembang dengan baik, suapaya menjadi manfaat ketika bebas nanti," kata Bahrun seusai melakukan trolling ke dalam blok hunian, didampingi regu pengamanan rutan.

Sementara dalam kesempatan berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, mengatakan pihaknya terus mendorong dan memberi kesempatan kepada warga binaan untuk menunjukkan kreativitasnya."Karena minat dan bakat yang terus diasah sangat berguna menjadi bekal hidup yang lebih produktif, seusai mereka menajalani masa hukuman," tandas Anggiat. ***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah