Bupati Tabanan Hadiri Ngaben Kolektif Warga Adat Kembang Merta, Baturiti

- 9 September 2023, 21:16 WIB
Bupati Tabanan Hadiri Ngaben Kolektif Warga Adat Kembang Merta, Baturiti
Bupati Tabanan Hadiri Ngaben Kolektif Warga Adat Kembang Merta, Baturiti /Dok Humas Tabanan/

RINGTIMES BALI - Momen bersejarah bagi Desa Adat Kembang Merta, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan saat diselenggarakan acara Karya Pelebon Ngewangun lan Ngasti Kolektif menghiasi kawasan Bale Peyadnyan Desa Adat Kembang Merta. 

Dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., bersama tokoh-tokoh penting lainnya mampu menjadikan peristiwa ini sebagai upacara sakral yang sangat berarti bagi masyarakat setempat, Sabtu (9/9).

Tradisi Karya Pelebon Ngewangun lan Ngasti Kolektif ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan adat setempat, dan diadakan setiap lima tahun sekali. 

Karya Agung yang telah masuk dalam perarem adat ini menjadi wujud penghormatan dan pengabdian kepada leluhur serta sebagai bentuk kebersamaan dan gotong-royong yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Desa Adat Kembang Merta, Candikuning. 

Nampak hadir sore hari itu, Sekda Tabanan, Anggota DPRD, Asisten III, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab, Para Kepala Bagian dilingkungan Setda Tabanan dan instansi vertikal, Camat, perbekel dan bendesa adat setempat, karya dipuput oleh Ida Pedanda Ratu Made Ketewel Griya Kembang Merta.

Baca Juga: Bupati Tabanan Apresiasi Karya Dewa Yadnya Desa Adat Geluntung yang Mengedepankan Pelestarian Budaya

Bupati Sanjaya dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tulus kepada masyarakat yang telah melestarikan dan menjalankan tradisi ini dengan penuh rasa hormat dan kekompakan. 

Karya ini adalah bukti nyata kebersamaan dan kecintaan kita pada leluhur serta telah menjadi bagian integral dari visi Tabanan untuk membangun sat kerthi loka Bali dalam pelestarian adat, agama, dan budaya. Tradisi ini telah menjadi salah satu bentuk nyata pelestarian nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para leluhur Bali.

Dalam pelebon ini, sebanyak 35 sawa akan diaben, dan 16 diri tercatat ikut ngelangkir. Selain itu, terdaftar juga 104 diri turut berpartisipasi dalam prosesi metatah, nglungah 9 orang dan ngasti 1 orang. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x