Gambuh Maha Gita Duta Denpasar Angkat Cerita Sangging Prabangkara

- 15 Juli 2023, 21:16 WIB
Penampilan Sekaa Gambuh Maha Gita Br. Gelogor, Denpasar Barat di Kalangan Angsaoka, Taman Budaya Art Center Denpasar, Sabtu (15/7)
Penampilan Sekaa Gambuh Maha Gita Br. Gelogor, Denpasar Barat di Kalangan Angsaoka, Taman Budaya Art Center Denpasar, Sabtu (15/7) /Dok Humas Denpasar/

RINGTIMES BALI- Hingga penghujung gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023, Duta Kota Denpasar yang kali ini datang dari Sekaa Gambuh Maha Gita Br. Gelogor, Denpasar Barat ini tetap tampil maksimal. 

Mengangkat cerita Sangging Prabangkara, Drama Tari Gambuh yang sudah menahun berkembang di Kota Denpasar ini sukses tampil memukau dan mengundang tepuk tangan penonton di Kalangan Angsaoka, Taman Budaya Art Center Denpasar, Sabtu (15/7). 

Koordinator sekaligus Pimpinan Sanggar, I Ketut Sumarya, SE mengatakan, proses perispan Sekaa Gambuh Maha Gita Br. Gelogor telah berlangsung sejak dipercaya menjadi Duta Kota Denpasar pada Januari lalu. Dimana, latihan dan persiapan terus dioptimalkan dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. 

Dikatakannya, pada pementasan kali ini, adapun cerita yang diangkat berjudul Sangging Prabangkara. 

Dimana, dikisahkan Raja Mataram hendak mencari seorang wanita sebagai permaisuri kerajaan mengingat raja belum memiliki pendamping sejak memerintah di kerajaaan Mataram. 

Karenannya, raja kemudian memerintahkan abdinya, Patih Prabangkara, untuk menelusuri seluruh wilayah kerajaan Mataram dan kerajaan tetangga lainnya guna mencari wanita dimaksud. 

Atas perintah tersebut Sumarya menuturkan, akhirnya berangkatlah Patih Prabangkara melakukan penelusuran. 

Dalam perjalanannya Patih Prabangkara terkesima dengan pemandangan alam yang begitu indah, gunung yang menghijau, danau nan bersih menyejukkan hati yang dilewati selama perjalanan. 

Terbesit keinginan sang Patih untuk mengabadikan keindahan alam tersebut dengan menggambarnya kedalam sebuah kanvas. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah