Sekehe Gong Legendaris Sadmerta Tampil Memukau di PKB XLV

- 12 Juli 2023, 14:01 WIB
Penampilan memukau Sekehe Gong Sadmerta, Banjar Belaluan Sadmerta yang menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Legendaris PKB XLV di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Art Center Denpasar, Selasa (11/7)
Penampilan memukau Sekehe Gong Sadmerta, Banjar Belaluan Sadmerta yang menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Legendaris PKB XLV di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Art Center Denpasar, Selasa (11/7) /Dok Humas Denpasar/

RINGTIMES BALI- Hingga memasuki minggu akhir pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023, Duta Kota Denpasar tetap memberikan penampilan yang maksimal. 

Kali ini datang dari Sekehe Gong Sadmerta, Banjar Belaluan Sadmerta yang menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Legendaris PKB XLV di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Art Center Denpasar, Selasa (11/7). 

Dalam kesempatan tersebut, Duta Kota Denpasar mebarung bersama Sekehe Gong Semara Sandi, Banjar Sengguan, Duta Kabupaten Gianyar. 

Tak tanggung-tanggung, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa hadir langsung memberikan dukungan bagi Sekehe Gong Sadmerta, Banjar Belaluan Sadmerta yang menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Legendaris PKB XLV. 

Dalam penampilannya, Sekehe Gong Sadmerta membawakan empat materi. Yakni Tabuh Pisan Gagancangan, Tari Tani, Tabuh Kreasi Palguna Warsa dan Tari Kebyar Terompong. 

Koordinator Sekehe Gong Sadmerta, Dr. I Gede Yudarta, S.SKar., M.Si mengatakan, Seka Gong Sadmerta, Banjar Belaluan Sadmerta secara definitive terbentuk pada tanggal 24 Oktober 1957, keberadaan seka gong ini merupakan kelanjutan dari Seka Gong Belaluan sebagai seka gong kebyar pertama di wilayah Bali Selatan yang didirikan pada tahun 1918. 

Ketika masih berbendera Seka Gong Belaluan banyak meraih prestasi, salah satunya pada tahun 1929 sebagai seka gong terbaik di Bali dan berhak atas undangan untuk pentas di Batavia bersama dengan Seka Janger Kedaton. 

Lebih lanjut dijelaskan, tingginya popularitas Gong Belaluan di era tahun 1920 an, menarik banyak ilmuwan untuk mengadakan riset terhadap Gong Belaluan. 

Berbagai repertoar yang diciptakan oleh I Made Regog seperti Kebyar Ding, Curik Ngaras dan beberapa repertoar lainnya direkam oleh Deccka Record dan Odeon Parlophone Recording tahun 1928 dan direkam kembali oleh etnomusikolog Collin Mc Phee pada tahun 1930. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x