Bupati Sanjaya Hadiri Ngaben Bersama Krama Banjar Adat Penebel Kelod

- 26 Juni 2023, 21:00 WIB
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, hadir langsung dalam rangkaian upacara Pitra Yadnya (Ngaben Bersama) yang dilaksanakan oleh krama/Masyarakat Banjar Adat Penebel Kelod
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, hadir langsung dalam rangkaian upacara Pitra Yadnya (Ngaben Bersama) yang dilaksanakan oleh krama/Masyarakat Banjar Adat Penebel Kelod /Dok Humas Tabanan

RINGTIMES BALI - Kompak turun beserta jajaran, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, hadir langsung dalam rangkaian upacara Pitra Yadnya (Ngaben Bersama).

Yang dilaksanakan oleh krama/Masyarakat Banjar Adat Penebel Kelod yang dipusatkan di Balai Banjar Adat Penebel Kelod, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Tabanan, Senin, (26/6).

Dengan mengajak salah satu anggota DPRD Tabanan, Asisten II Setda Provinsi Bali mewakili Gubernur, Asisten III dan Kepala OPD terkait, aksi ini secara konsisten ditunjukan Sanjaya sejak menjabat sebagai Bupati Tabanan.

Nampak juga saat itu, Camat dan unsur Forkopimcam Penebel, Perbekel, Bendesa Adat dan jajaran, serta masyarakat setempat yang antusias nenyambut kehadiran Bupati beserta jajaran.


Apresiasipun diberikan orang nomor satu di Tabanan kepada masyarakat yang senantiasa selalu mengutamakan semangat gotong-royong dalam melaksanakan pembangunan.

Ia mengaku sangat bahagia bisa bertatap muka dengan masyarakat dalam kegiatan ini, apalagi Ngaben Bersama ini sudah tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat, baik secara moril maupun materiil serta bagi pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya daerah.

"Titiang di Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi serta doa restu terhadap apa yang telah dilaksanakan oleh semeton titiang disini, dikala membangun Yadnya sudah sangat baik. Titiang bersama anggota Legislatif dan jajaran serta pihak terkait lainnya, sangat berharap upacara/upakara ini memargi antar labda karya sida sidaning don," ucap Sanjaya.

Baca Juga: Surya Paloh Tegaskan NasDem Tetap Dukung Pemerintahan Jokowi Sampai Akhir Masa Jabatan

Dalam kesempatan itu pula, Bupati menyampaikan, bahwa sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Yang sejalan dengan visi Gubernur Bali, bagaimana dalam penjabaran pemerintah hadir memberikan dukungan kepada masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.

Pembangunan krama/masyarakat, alam dan budaya yang sudah tercantum dalam visi tersebut, dikatakannya harus dijaga kelestarian dan keharmonisannya sekala dan niskala.

"Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat selaku Murdaning Jagat tujuannya untuk apa? Adalah untuk mengayomi masyarakat. Yang terpenting memberikan dukungan dan bantuan, sehingga bisa meringankan beban masyarakat khususnya iuran masyarakat dikala membangun Yadnya. Masyarakat Bali, khususnya Hindu tidak pernah terlepas dari yang namanya Dewa Yadnya, Pitra Yadnya, Rsi Yadnya, Manusa Yadnya dan Bhuta Yadnya," imbuhnya.

Maka dari itu, Bupati Sanjaya juga menghimbau seluruh masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan antar krama serta selalu meningkatkan sinergi dengan Pemerintah.

Karena Sanjaya sangat menyadari, bahwa Pemerintah tidak bisa membangun sendiri daerahnya, begitupun juga dengan masyarakat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x