Menko PMK Minta Pemda Tingkatkan Edukasi Terkait Mitigasi Bencana

- 20 Mei 2023, 19:35 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy.
Menko PMK, Muhadjir Effendy. /Media kupang

RINGTIMES BALI- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meminta pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah daerah (pemda) untuk terus meningkatkan edukasi terkait mitigasi bencana.

Menurut Menko PMK, sosialisasi dan edukasi mitigasi bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat terhadap kebencanaan.

“Pemerintah daerah perlu terus meningkatkan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya mitigasi bencana,” ucap Menko PMK, dikutip dari Antara, Sabtu 20 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Muhadjir Effendy, bahwa kesiapsiagaan dan langkah mitigasi guna menghadapi kemungkinan bencana, merupakan hal penting untuk mendukung program pengurangan risiko bencana.

Dalam mengurangi dampak dan risiko bencana, Ia meminta kepada seluruh pihak, termasuk masyarakat agar terlibat aktif dalam peningkatan kesiapsiagaan dengan sungguh-sungguh dan juga terukur.

Menko PMK juga mengatakan bahwa dibutuhkan penyesuaian antara kondisi kerentanan bencana di masing-masing daerah, dengan langkah kesiapsiagaan yang akan dipelajari.

Baca Juga: Banjir dan Tanah Longsor Dipicu Alih Fungsi Lahan, WALHI Bali: Pembangunan Harus Berorientasi Mitigasi Bencana

Maka dari itu, diperlukan langkah spesifik untuk menyesuaikan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan bencana, berdasarkan potensi bencana yang akan terjadi pada masing-masing wilayah.

Contohnya, untuk wilayah yang rawan longsor, maka edukasi yang dilakukan adalah mitigasi bencana longsor, dan sosialisasi jalur-jalur evakuasi saat bencana longsor terjadi. Ini merupakan agenda prioritas yang penting untuk diperhatikan, kata Muhadjir Effendy.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x