Menko PMK Sebut Butuh Kerjasama Lintas Sektor dalam Upaya Penanganan Stunting di Indonesia

- 23 Maret 2023, 17:40 WIB
Menko PMK sebut butuh kerjasama lintas sektor dalam upaya penanganan stunting di Indonesia
Menko PMK sebut butuh kerjasama lintas sektor dalam upaya penanganan stunting di Indonesia /Tangkap Layar Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI

RINGTIMES BALI- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa perlu adanya kerjasama dan kolaborasi lintas sektor, untuk mendukung program pencegahan stunting dan kemiskinan di Indonesia.

Dalam Roadshow bertajuk Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, yang digelar di Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023, Muhadjir meminta semua pihak saling bahu membahu  untuk menuntaskan masalah stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem ini.  

Menurut Menko PMK, target penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem yang telah ditetapkan ini, hanya akan tercapai jika para pemangku kepentingan dari lintas sektor mau terlibat di dalamnya.

Baca Juga: RSD Soebandi Jember Gelar Operasi Perdana Pembuatan Anus Bagi 3 Bayi Kelainan

Adapun sektor-sektor yang diminta terlibat diantaranya ada pemerintah daerah, organisasi sosial masyarakat, pihak swasta, TNI dan Polri, akademisi, dan seluruh lapisan masyarakat.

Pihak-pihak ini diminta untuk terlibat secara aktif dalam mendukung upaya penurunan prevalensi stunting dan penghapusan kemiskinan.

Keterlibatan lintas sektor ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022, tentang adanya keterpaduan program dan kerja sama antar kementerian/lembaga, pemda, TNI/Polri, dan akademisi.

Selain terlibat aktif, ia mengingatkan pentingnya optimalisasi anggaran desa untuk program penurunan stunting, penghapusan kemiskinan, dan ketahanan pangan, sehingga menurut Menko PMK program-program ini sebaiknya dijadikan prioritas pemda maupun desa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berikan Arahan pada Pejabat Negara dan ASN untuk Tidak Gelar Acara Buber

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x