ITS Kerja Sama dengan UCL Kembangkan Aplikasi untuk Nelayan

- 4 April 2023, 18:53 WIB
ITS bekerja sama dengan University College London melalui riset pengembangan aplikasi untuk nelayan, berfungsi memantau stabilitas kapal.
ITS bekerja sama dengan University College London melalui riset pengembangan aplikasi untuk nelayan, berfungsi memantau stabilitas kapal. /ANTARA/ HO- HUMAS ITS

RINGTIMES BALI - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama dengan University College London (UCL) melalui riset pengembangan aplikasi untuk nelayan, yang berfungsi untuk memantau stabilitas kapal ikan.

Salah satu anggota tim riset dari ITS Prof I Ketut Aria Pria Utama, menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima penghargaan RINA-LR Maritime Safety Award 2023, atas keberhasilan mereka dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh The Royal Institution of Naval Architect (RINA), yang merupakan asosiasi profesional bidang kemaritiman terbesar di dunia dan berlokasi di London, Inggris. Asosiasi ini bekerja sama dengan Lloyd’s Register Marine and Shipping.

Baca Juga: China Peringatkan Amerika Serikat untuk Tidak Bertemu Taiwan

“Dalam penghargaan ini, ide dan kebermanfaatan dari inovasi yang diberikan menjadi aspek utama yang dinilai,” ujar Prof I Ketut Aria Pria Utama, dikutip dari Antara, Selasa, 4 April 2023.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa aplikasi yang diberi nama Kora-Kora itu, kedepannya akan digunakan para nelayan dalam membantu identifikasi stabilitas kapal ikan, pada saat melakukan pelayaran. Ia juga menjelaskan terkait alasan pengembangan aplikasi ini.

Menurut Prof I Ketut Aria Pria Utama, alasan dilakukan pengembangan aplikasi ini, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kecelakaan kapal tertinggi di dunia.

Selain itu, kecelakaan yang terjadi juga diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan dan pelatihan para nelayan mengenai keselamatan di laut.

Baca Juga: Apa itu Eating Disorder dan Pengaruhnya bagi Siklus Menstruasi Remaja

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x