Lebih Efisien daripada Panel Surya, Lampu Senter Bertenaga Air Laut Jadi Solusi Penerangan Warga Terpencil

- 13 Maret 2023, 12:01 WIB
Waterlight, Lampu Senter Bertenaga Air Laut Terangi Kehidupan Suku Wayuu
Waterlight, Lampu Senter Bertenaga Air Laut Terangi Kehidupan Suku Wayuu /Dezeen

RINGTIMES BALI - Lampu senter bertenaga air laut yang dinamakan Waterlight, diciptakan oleh perusahaan Startup bernama E-dina berkolaborasi dengan agensi kreatif Wunderman Thompson Colombia.

Teknologi tersebut sebagai solusi penerangan bagi warga terpencil di semenanjung La Guajira, perbatasan Colombia-Venezuela, mengingat akses listriknya sangat terbatas akibat kontur tanah berupa gurun yang dikelilingi laut.

Dilansir dari situs dezeen.com, penemuan lampu senter bertenaga air laut, Waterlight, bermula dari penelitian yang dilakukan di sebuah kawasan tepi laut yang tidak disebutkan waktunya.

Baca Juga: Korea Utara Siaga Satu Pencegahan Perang, Imbas Latihan Militer Terbesar Amerika-Korea Selatan

Wundermann Thompson menjelaskan bahwa ide membuat Lampu senter tersebut bermula dari keinginan mereka membantu suku Wayuu, suku di perbatasan Colombia dan Venezuela.

Mereka memikirkan cara agar suku Wayuu bisa mendapatkan penerangan dari sumber daya yang ada di sekitar mereka.

"E-Dina adalah perusahaan Kolombia dan kami ingin memulai dengan komunitas lokal dengan masalah tidak adanya akses listrik," kata Pipe Ruiz Pineda, Direktur Kreatif Eksekutif Wunderman Thompson Colombia.

WaterLight bekerja dengan proses ionisasi, energi listrik untuk menyalakan lampu dihasilkan dari reaksi yang ditimbulkan oleh magnesium dan elektrolit air asin.

Baca Juga: TikTok Diblokir di Belgia dan Beberapa Negara Lain, Kenapa?

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: TIME dezeen.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x