26 Personel Polri Diturunkan Bantu Tangani Gempa Turki dan Suriah

- 9 Februari 2023, 21:57 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto saat memberikan keterangan.
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto saat memberikan keterangan. /Divisi Humas Polri / PMJ News

RINGTIMES BALI - Sebanyak 26 personel Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dikirim untuk membantu menangani gempa di Turki dan Suriah.

Personel Polri tersebut diturunkan Tanah Air dengan kualifikasi pencarian dan penyelamatan atau SAR dan medis dalam operasi kemanusiaan pemerintah Indonesia di Turki dan Suriah pasca gempa yang terjadi.

Sebelumnya, dilaksanakan apel kesiapan personel di Lapangan Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri, Jakarta, Kamis pagi.

Kepala Baharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto menyebut, 26 personel yang diberangkatkan terdiri dari 21 personel inti dan ditambah kepala satgas (kasatgas) serta staf.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik 5,4 Guncang Jayapura, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

"Polri mengirimkan tim terdiri tiga unsur. Pertama adalah tim medis; kedua, tim DVU dan ketiga, tim K-9," kata Arief dikutip dari Antara, Kamis, 9 Januari 2023.

Pengiriman para personel ini telah berdasarkan permintaan dari hasil rapat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy pada Rabu kemarin.

Dari tiga unsur tersebut, tim medis berjumlah 10 orang, terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter spesialis orthopedi, 1 dokter anestesi, dan yang lainnya adalah perawat ahli.

Lalu, tim Disaster Victim Indentification (DVI) sebanyak 7 orang terdiri dari 3 dokter spesialis odontologi, 1 dokter forensik dan juga perawat ahli.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x