4th DEWG G20 dan DEMM Sukses Digelar di Bali, Hasilkan 2 Dokumen Kesepakatan

- 2 September 2022, 14:24 WIB
Rangkaian pertemuan DEWG G20 dan DEMM sukses digelar dari tanggal 29 Agustus-1 September 2022 di Mulia Resort, Nusa Dua.
Rangkaian pertemuan DEWG G20 dan DEMM sukses digelar dari tanggal 29 Agustus-1 September 2022 di Mulia Resort, Nusa Dua. /Ringtimes Bali/Ni Made Ari Rismaya Dewi

RINGTIMES BALI - Rangkaian pertemuan keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 4th Digital Economy Working Group (DEWG) G20 dan Digital Economy Ministers’ Meeting (DEMM) sukses digelar dari tanggal 29 Agustus-1 September 2022 di Mulia Resort, Nusa Dua.

Pertemuan 4th DEWG G20 telah membahas tiga isu prioritas, diantaranya konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi; kecakapan dan literasi digital; dan data free flow with trust dan cross border data flow.

“Melalui pertemuan-pertemuan tersebut, perwakilan anggota G20 telah menyampaikan pikiran mereka serta saling bertukar ide dan gagasan,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam konferensi pers pada Kamis, 1 September 2022.

Baca Juga: 4th DEWG G20 dan DEMM Bahas 3 Isu Prioritas, Mulai dari Konektivitas hingga Literasi Digital

Ide-ide dan gagasan tersebut kemudian dirangkum dalam dokumen ‘G20 Digital Economy Meetings 2022 Chairs Summary’ yang telah dibacakan di depan para menteri bidang ekonomi digital.

Menkominfo Johnny memaparkan bahwa dokumen keluaran DEWG dibagi menjadi dua bagian berdasarkan substansinya.

“Dokumen keluaran DEWG terbagi menjadi dua bagian yang mencakup kesepakatan-kesepakatan substantif yang tercapai antara para menteri bidang ekonomi digital di tiga isu prioritas DEWG Presidensi Indonesia, serta rangkuman atas dinamika pembahasan para delegasi dalam menyikapi tantangan global,” ucapnya.

Baca Juga: Delegasi MCWE G20 Kunjungi Desa Wisata Penglipuran Bangli

“Dokumen tersebut menunjukkan bahwa seluruh isi substantif presidensi Indonesia telah memperoleh konsensus dari seluruh anggota DEWG sesuai isu prioritas DEWG,” lanjutnya.

Selanjutnya, perumusan langkah-langkah konkrit yang ada di dalam dokumen tersebut akan disampaikan sebagai masukan bagi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam memimpin KTT G20 pada bulan November 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x