Hidayatullah Muttaqin Dorong G20 Upayakan Laju Vaksinasi di Afrika Guna Kekebalan Global pada Covid-19

- 20 Maret 2022, 19:53 WIB
Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin SE, MSI, Pg.D.
Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin SE, MSI, Pg.D. /Firman/ANTARA

 

RINGTIMES BALI - Hidayatullah Muttaqin selaku anggota tim pakar dari Universitas Lambung Mangkurat untuk percepatan penanganan Covid-19 mengatakan negara yang tergabung dalam G20 harus mendorong laju vaksinasi di Afrika untuk ciptakan kekebalan global pada virus.

Menurut Hidayatullah Muttaqin capaian vaksinasi di Afrika masih belum standar yang mengakibatkan kendala dalam penciptaan kekebalan komunitas secara global.

Ia menyebut ada dua tindakan yang bisa dilakukan oleh anggota G20 dalam membangun arsitektur kesehatan global.

Baca Juga: Dubes Korea Selatan Dorong Anggota G20 Bantu Negara Berkembang

Pertama, negara G20 tidak melakukan pelonggaran protokol kesehatan secara terburu-buru seperti yang telah dilakukan oleh Inggris.

Dengan melakukan pelonggaran protokol kesehatan seperti di Inggris, kasus Covid di negara itu kembali melonjak. Selain itu, 7 dari 19 negara dengan kasus konfirmasi terbanyak dalam sepekan adalah anggota dari G20.

Kedua, kemungkinan adanya varian Omicron dari Afrika terbuka sangat lebar karena vaksinasi di benua itu masih rendah.

Baca Juga: Puan Maharani Ungkap Indikator Defisit Demokrasi dengan Rendahnya Keterwakilan Perempuan

Ia menyatakan penduduk Afrika yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua baru sebanyak 190.68 juta jiwa atau hanya 15 persen dari total jumlah penduduk Afrika.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x