730 Dokter yang Wafat saat Pandemi Diabadikan dalam Monumen Perjuangan Dokter Indonesia

- 17 Maret 2022, 19:47 WIB
730 dokter yang wafat saat pandemi diabadikan dalam monumen perjuangan Dokter Indonesia.
730 dokter yang wafat saat pandemi diabadikan dalam monumen perjuangan Dokter Indonesia. /Antara Bali

RINGTIMES BALI – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan telah mengabadikan 730 dokter yang meninggal selama bertugas di masa pandemi pada Monumen Perjuangan Dokter Indonesia di Jalan GSSY Ratulangi 29 Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dokter memiliki peran besar dalam perjuangan selama pandemi hingga saat ini.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terima kasih pada pengabdian dan perjuangan 730 dokter yang gugur dalam tugasnya. Ia menyebut 730 dokter itu sebagai pahlawan kesehatan Indonesia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 210 Kegiatan 8.4 Teks Drama 'Menanti'

Ia berpendapat, melalui Monumen Perjuangan Dokter Indonesia, masyarakat bisa terus mengenang para dokter yang telah gugur selama bertugas. Mereka adalah orang yang tulus bekerja dan menjadi pahlawan bagi keluarga, bagi sesama, dan pahlawan bagi bangsa dan negara.

Monumen yang memiliki corak kobaran api setinggi 270 sentimeter dan berdiameter 120 sentimeter ini digagas oleh organisasi IDI pada tahun 2022.

Daeng M Faqih selaku Ketua PB IDI mengatakan dalam peresmian Monumen Perjuangan Dokter Indonesia bahwa pandemi yang berjalan selama dua tahun telah mengancam dunia kesehatan.

Baca Juga: Download Lagu Almost Easy dari Avenged Sevenfold MP3 MP4 Kualitas HD Plus Lirik, Sekali Klik

“Sebuah situasi yang menyebabkan dokter mengalami kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan.

Di lain pihak, angka kematian dokter Indonesia pada situasi Covid 19 mencapai 730 kasus. Fakta ini menurutnya menambah tekanan dan beban bagi para dokter saat memberikan pelayanan pada masyarakat.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x