Mengharukan, Seorang Bocah Ukraina Berhasil Mengungsi Ke Slovakia Sendirian

- 12 Maret 2022, 21:51 WIB
Hassan Al-Khalaf, bocah 11 tahun yang nekat mengungsi seorang diri dari Ukraina ke Slovakia.
Hassan Al-Khalaf, bocah 11 tahun yang nekat mengungsi seorang diri dari Ukraina ke Slovakia. /ANTARA/Reuters/Radovan Stoklasa/as/

 

RINGTIMES BALI – Seorang bocah berusia 11 tahun asal Ukraina mendadak viral di media sosial karena berhasil mengungsi ke Slovakia sendirian. Bocah itu bernama Hassan Al- Khalaf.

Hassan tiba sendirian di Slovakia setelah ia nekat bergabung dengan rombongan pengungsi yang lari menyelamatkan diri dari invasi Rusia ke Ukraina.

Bocah itu tiba di Slovakia pada awal Maret dan langsung menarik perhatian kepolisian setempat. Kisah Hassan lalu diunggah di Facebook dan menyebutnya sebagai pahlawan.

Baca Juga: Kemenlu Nyatakan Indonesia Tetap Pegang Teguh Prinsip Bebas Aktif Dalam Sikapi Krisis Rusia Ukraina

Perjalanan Hassan ke Slovakia merupakan perjalanan yang berat. Ia harus menempuh perjalanan panjang dengan kerta dan berjalan kaki dari Zaporizhzhie di Tenggara Ukraina menuju negara Slovakia yang lebih aman.

“Asa itu menuntun saya selama perjalanan, kata Hassan seperti dikutip dari bali.antaranews.com 12 Maret 2022.

Keberangkatan Hassan seorang diri ke Slovakia bukan tanpa sebab. Ia sudah tidak memiliki ayah. Ibu Hassan sendiri tidak bisa ikut mengungsi lantaran tidak bisa meninggalkan neneknya di rumah. Walhasil Hassan diminta berangkat mengungsi sendiri ke luar negeri.

Baca Juga: Sekda Buleleng Tegaskan Pelantikan Empat Pejabat Eselon Dua Hasil Lelang Jabatan Tunggu Rekomendasi KASN

Hassan berhasil menempuh perjalanan lebih dari 1.000 km dari Ukraina ke Slovakia untuk menemui kakak laki-lakinya yang sedang menjalani pendidikan di negara tersebut,

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x