Prof Zubairi Djoerban Jelaskan Penyintas Varian Omicron Dapat Alami Long Covid

- 4 Maret 2022, 07:45 WIB
Ilustrasi, Profesor Zubairi Djoerban jelasakan para penyintas Covid-19 dari varian Omicron ada yang mengalami long Covid.
Ilustrasi, Profesor Zubairi Djoerban jelasakan para penyintas Covid-19 dari varian Omicron ada yang mengalami long Covid. /pexels

RINGTIMES BALI – Semua penyintas Covid termasuk varian Omicron dapat mengalami dampak lanjutan dari penyakit tersebut. Hal inilah yang ditakutkan oleh para penyintas.

Dampak lanjutan tersebut dinamakan Long Covid, para penyintas yang sudah sembuh, tidak kembali pada kondisi fisik yang prima namun masih mempunyai beberapa keluhan tertentu.

Melalui akun twitter resminya Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Prof Zubairi Djoerban menjelaskan mengenai Long Covid pada penyintas varian Omicron melalui sebuah utas.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Terpapar Covid-19

"Tapi sudah ada laporan penyintas varian Omicron mengalami Long Covid? Ada dan memang terjadi. Hanya angka kejadiannya belum banyak. Gejala yang sering ditemui adalah brain fog. Beberapa nakes mengalami itu," tulis @ProfesorZubairi pada Kamis, 3 Maret 2022.

Kabar baiknya, vaksin dapat mencegah Long Covid walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

"Vaksin bisa mencegah Long Covid? Penelitian memberi bukti awal bahwa vaksin dapat mencegah Long Covid atau setidaknya mengurangi tingkat keparahan. Butuh penelitian lebih banyak lagi," tulis @ProfesorZubairi.

Baca Juga: Soal UTS Tema 5 Kelas 2 Semester 2 dan Kunci Jawaban Terbaru 2022, Pengalamanku

Selanjutnya, Prof Zubairi menjelaskan bahwa virus corona atau SARS-Cov-2 dapat bertahan pada tubuh manusia selama dua minggu hingga satu bulan.

"Sebenarnya berapa lama virus SARS-CoV-2 ada di tubuh? Rata-rata dua minggu hilang. Habis dan selesai. Tidak ada lagi virusnya. Tapi pada pasien yang di ICU, virus bisa bertahan sebulan. Setelah itu hilang," tulisnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x