Tim Densus 88 Ungkap Sumber Dana 15 M Kelompok Teroris JI

- 27 November 2021, 20:22 WIB
ilustrasi Tim Densus 88 Antiteror dalam usaha penangkapan terduga teroris.
ilustrasi Tim Densus 88 Antiteror dalam usaha penangkapan terduga teroris. /Pikiran Rakyat

RINGTIMES BALI - Pergerakan aksi terorisme di Indonesia kembali tercium oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri. Tidak berdarah-darah seperti aksi teror sebelum-sebelumnya, pengungkapan kali ini menyusup ke bagian otak jaringan terorisme.

Adalah kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yang sejak dulu menjadi incaran Tim Densus 88. Pengungkapan ini kembali masif dilakukan usai tertangkapnya Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Ahmad Okbah pada Selasa, 16 November 2021 lalu.

Sebelumnya, Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam siaran persnya menyebut, Ustaz Farid diduga terlibat dalam kelompok teroris JI sebagai tim sepuh atau dewan syuro JI, serta anggota dewan syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

Baca Juga: Erdogan Kutuk Penyerangan Israel di Masjid Al-Aqsa, Negara Teroris yang Jahat

Selain menangkap Ustaz Farid, tim Densus 88 baru-baru ini juga menangkap anggota Komisi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah dan Ustaz Anung Al Hamat (AA).

Sehingga, ada total 14 anggota LAZ BM ABA yang telah diringkus oleh tim Densus 88. Mereka semua diduga berperan dalam pendanaan aksi teror kelompok JI.

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar menjelaskan, LAZ BM ABA adalah lembaga yang dibangun oleh kelompok JI untuk mengumpulkan dana operasional aksi teror.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Mantan Sektum FPI Munarman, Simak Alasan yang Sesungguhnya

Lembaga tersebut diketuai oleh Fitria Sanjaya yang telah ditangkap sebelumnya oleh tim Densus pada 2020 lalu. Aswin menyebut, FS merupakan sosok yang meminta petunjuk kepada terduga teroris Ustaz Farid Okbah dan Ahmad Zain An-Najah.

“Ketua BM ABA yang ditangkap (FS) tadi itu dalam strukturnya minta petunjuk dan laporan kepada FAO dan ZA. Meminta petunjuk bagaimana dan apalagi yang harus dilakukan selanjutnya,” ujar Aswin, dalam siaran persnya, Kamis, 25 November 2021.

Halaman:

Editor: Rani Purbaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x