Rudal Baru Turki S-400 Bikin Amerika Serikat Terancam, Joe Biden Ajak Bicara Erdogan

- 10 November 2021, 14:13 WIB
Ilustrasi rudal baru Turki S-400 buatan Rusia bikin Amerika Serikat terancam.
Ilustrasi rudal baru Turki S-400 buatan Rusia bikin Amerika Serikat terancam. /Sergei Malgavko/TASS

RINGTIMES BALI – Negara Turki diduga memindahkan sistem rudal S400 ke pangkalan udara di kawasan Amerika Serikat membuat negara adi daya itu merasa terancam.

Pasalnya dengan kehadiran rudal Turki S-400 membuat posisi pesawat tempur F-35 yang dimiliki Amerika Serikat tak hanya tersaingi bahkan terancam.

Dilansir dari kanal Youtube Portal Militer yang mengabarkan bahwa Turki membantah tuduhannya atas dugaan memindahkan rudal buatan Russia S-400 ke pangkalan udara Amerika Serikat.

Baca Juga: Prakiraan Hilal Awal Bulan Rabiulakhir 1443 H, 5 November 2021

Kabar tersebut didukung dengan permintaan terbaru tentara Amerika di Incirlik yang meminta agar Ankara memindahkan sistem rudal buatan asal negara Rusia itu.

Sesuai kesepakatan antara Amerika dan Turki dalam hak dan peraturan penggunaan pangkalan udara Incirlik tersebut harus dengan izin dan dan misi khusus dari parlemen.

Pasalnya Incirlik adalah wilayah yang digunakan khusus untuk tempat penyimpanan bom nuklir taktis Amerika Serikat dan juga digunakan sebagai lokasi transfer untuk penempatan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Latihan Perang Militer Indonesia dan Rusia

Amerika Serikta menyerukan Turki untuk memindahkan sistem rudal S400 tesebut lantaran Amerika khawatir system tersebut dapat mendeteksi data intelegen dari kemampuan pesawat tempur F-35.

Namun disisi lain Turki mendapat larangan untuk menerima dan mengerjakan pesawat tempur F-35 setelah mendapati system rudal canggih dari Rusia tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x