9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak 2021, Rusia Urutan 1, Punya 6.225 Hulu Ledak

- 9 November 2021, 08:53 WIB
Ilustrasi negara di dunia yang memiliki jumlah senjata nuklir terbanyak tahun 2021.
Ilustrasi negara di dunia yang memiliki jumlah senjata nuklir terbanyak tahun 2021. /Pixabay.com/geralt

RINGTIMES BALI – Berikut daftar negara di dunia yang memiliki jumlah senjata nuklir terbanyak berdasarkan data per Agustus 2021.

Senjata nuklir juga disebut bom atom, nuklir, bom atom, hulu ledak nuklir, atau bom nuklir.yang merupakan alat peledak yang memperoleh kekuatan destruktif dari fisi nuklir, fusi nuklir, atau kombinasi keduanya. 

Senjata nuklir mampu menghasilkan energi ledakan yang sangat besar dan berbahaya, serta ledakannya diukur dalam kiloton dan megaton. 

Baca Juga: Perbedaan Latihan Perang Militer Indonesia dan Rusia

Seperti bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima Jepang terdiri dari15 kiloton bahan peledak kimia, menghasilkan radiasi pengion yang mematikan selain gelombang kejut dan panas dalam jumlah besar, dikutip dari World Population Review. 

Selain itu, bom atom ini juga memiliki dampak radioaktif, di mana puing-puing dibawa oleh angin ke atmosfer dan kemudian mengendap kembali ke Bumi beberapa hari kemudian. 

Hulu ledak nuklir juga dapat menyebabkan lebih banyak kematian, kehancuran di muka bumi, cedera, dan penyakit daripada senjata tunggal lainnya.

Baca Juga: Rudal Hipersonik China Dinilai Mengancam, Pejabat Amerika Serikat Beri Pengakuan

Karena tingginya tingkat kematian akibat senjata nuklir, pemerintah telah merundingkan perjanjian pengendalian senjata seperti Nuclear Nonproliferation Treaty (NPT) tahun 1996.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: World Population Review


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x