China Sebut AS Egois dan Suka Menekan Negara Lain

- 24 Agustus 2021, 20:26 WIB
Wakil Presiden AS, Kamala Harris tuduh China lakukan pemaksaan dan intimidasi untuk mengklaim seluruh wilayah Laut Natuna Utara dari berbagai negara di Asia Tenggara.
Wakil Presiden AS, Kamala Harris tuduh China lakukan pemaksaan dan intimidasi untuk mengklaim seluruh wilayah Laut Natuna Utara dari berbagai negara di Asia Tenggara. /Dok. REUTERS

RINGTIMES BALI - China mengatakan bahwa upaya penarikan Amerika dari Afghanistan yang akhirnya membuat kacau adalah sebagai contoh kebijakan luar negeri Washington yang ‘egois’.

Hal tersebut disampaikan China untuk membalas tuduhan Wakil Presiden Kamala Harris tentang intimidasi yang selama ini terjadi di perairan Asia.

Saat mengunjungi Singapura, Harris menyebut Beijing membuat klaim memiliki sebagian besar Laut Cina Selatan.

Baca Juga: China Siap Bersahabat dengan Taliban usai Rekontruksi Afghanistan

Hal itu dinyatakannya untuk meyakinkan sekutu regional tentang komitmen Amerika ke Asia dan aturan internasional yang mengikat mengenai apa yang dilakukan China.

Juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin menuduh AS bersembunyi di balik siasat tatanan global dengan aturan untuk mempertahankan perilaku hegemoniknya sendiri.

"Peristiwa saat ini di Afghanistan dengan jelas memberi tahu kami apa aturan dan ketertiban yang dibicarakan AS," kata Wang dikutip dari CNA.

Baca Juga: Hubungan AS-China Memanas, Kembali Bentrok soal Laut China Selatan

"AS sembarangan melakukan intervensi militer di negara berdaulat dan tidak bertanggung jawab atas penderitaan rakyat di negara itu," lanjut Wang.

Wang juga menyebut jika AS berlaku sewenang-wenang seperti mencoreng, meneakan, memaksa dan berupaya menggertak negara lain.***

Editor: Rani Purbaya

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x