Filipina Minta Bantuan Indonesia Pulangkan Warganya dari Afghanistan

- 21 Agustus 2021, 08:40 WIB
26 WNI yang berhasil dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 21 Agustus 2021 dini hari.
26 WNI yang berhasil dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu, 21 Agustus 2021 dini hari. /ANTARA FOTO/Galih Pradipta

RINGTIMES BALI – Pemerintah Filipina meminta bantuan kepada Indoensia untuk memulangkan warga negaranya yang terjebak di Afghanistan.

Warga Filipina ikut diangkut dalam misi evakuasi dengan pesawat TNI AU berjumlah lima orang dan telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, 21 Agustus 2021, sekira pukul 03.09 WIB.

“Dalam misi evakuasi ini ikut juga lima warga negara Filipina yang memang pemerintahnyameminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” ucap Menlu Retno Marsudi dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sekjen NATO Salahkan Pemerintah Afghanistan Atas Runtuhnya Kota Kabul oleh Taliban

Menurut Menlu Retno membawa warga negara asing bukan yang pertama kali dilakukan Indonesia dan memang menjadi kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan.

Sementara itu pemerintah berhasil memulangkan total 26 WNI termasuk dua warga negara Afghanistan yang merupakan staff lokal KBRI dan suami WNI.

Kepulangan mereka disambut langsung oleh Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Tiga Orang Tewas saat Protes Anti Taliban di Jalalabad Afghanistan

Kepulangan WNI ini mengikuti dinamika yang terjadi di Afghanistan mengingat politik pemerintahannya yang belum stabil.

Namun berkah dukungan semua pihak, dan kerjasama antar kementerian dan lembaga lainnya sehingga operasi itersebut berjalan dengan lancar.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x