Inggris Kirim 2 Kapal Perang ke Perairan Asia, Bantu Jepang-AS Lawan China

- 23 Juli 2021, 17:34 WIB
Ilustrasi Kapal Perang. Untuk melawan kekuatan China, Inggris mengirim dua kapal perang ke perairan Asia untuk membantu Jepang dan AS dalam kasus sengketa.
Ilustrasi Kapal Perang. Untuk melawan kekuatan China, Inggris mengirim dua kapal perang ke perairan Asia untuk membantu Jepang dan AS dalam kasus sengketa. /Pixabay/Defence-Imagery/

RINGTIMES BALI - Inggris mengumumkan akan mengirim dua kapal perang canggihnya ke perairan Asia untuk membantu Jepang melawan China.

Inggris dikabarkan akan bergabung dengan armada tempur Amerika Serikat (AS) dan Jepang guna menahan laju ekspansi territorial China.

Dikutip dari Reuters, Inggris akan mengirimkan langsung kapal induk HMS Queen Elizabeth dan sebuah kapal pengawalnya ke Negeri Sakura.

Baca Juga: Banjir Bandang di China Disebut Netizen Sebagai Azab karena Sebabkan Corona

Nantinya kedua kapal perang Inggris akan berlabuh bersama armada tempur AS di pangkalan militer Yokosuka.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengungumkan pengerahan perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menempatkan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini.

Meski begitu, armada tempur Inggris ini tidak akan menetap secara penuh di Yokosuka. Armada itu akan berpindah-pindah dalam misinya di wilayah itu.

Baca Juga: Beredar Video China Minta Pulau Kalimantan Sebagai Jaminan Utang, Cek Faktanya

Nantinya kapal yang akan mengangkut jet siluman F-35B akan didampingi dua kapal perusak, dua fregat dan dua kapal pendukung. Armada pengawal itu sendiri berasal dari AS dan Belanda.

Seperti yang diketahui bahwa hubungan Jepang dan China saat ini memanas dan terlibat kasus sengketa mengenai sebuah kepulauan di Laut China Timur.

Halaman:

Editor: Rani Purbaya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x