Malaysia Gunakan Drone Canggih Pantau Suhu Tubuh di Tempat Umum

- 7 Juni 2021, 20:17 WIB
Ilustrasi drone canggih yang digunakan petugas di Malaysia untuk memantau suhu tubuh di tempat umum.
Ilustrasi drone canggih yang digunakan petugas di Malaysia untuk memantau suhu tubuh di tempat umum. /PIXABAY/Powie

RINGTIMES BALI – Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Malaysia terapkan deteksi suhu tubuh menggunakan drone canggih.

Sejumlah kepolisian di negara bagian Terengganu ditugaskan  menggunakan drone untuk mendeteksi suhu tubuh pengunjung tempat umum saat masa lockdown total.

Dilansir dari CNA, menurut Kepala Polisi Trengganu Rohaimi Md Isa, drone tersebut dapat mendeteksi suhu tubuh dari ketinggian 20m di atas permukaan tanah.

Baca Juga: Jet Tempur Malaysia Cegat Konvoi Pesawat Militer China di Dekat Kalimantan

“Jika drone mendeteksi individu dengan suhu tubuh tinggi, seperti 37,5 derajat Celcius, maka akan memancarkan lampu merah dan personel kami akan turun ke lokasi untuk mengidentifikasi individu yang bergejala,” kata Rohaimi kepada wartawan.

Drone telah dikerahkan selama beberapa hari dan telah membantu tim petugas pengamanan pada saat terjadinya lockdown total.

“Meskipun kami memiliki 157 tim pemantau prosedur operasi standar (SOP), mereka berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain,” ucap Rohaimi.

“Ini membuat mereka tidak bisa memantau setiap lokasi sekaligus, termasuk mendeteksi individu yang bergejala di tempat umum,” tambahnya.

Baca Juga: Malaysia Cetak Rekor Kasus Harian Covid-19 Tertinggi di ASEAN

Drone, yang berbasis di Kuala Terengganu, dipinjamkan ke negara oleh perusahaan swasta untuk digunakan polisi selama pemberlakuan lockdown total.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x